Stok PMI Minim, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Suluttenggomalut Bantu Donor Darah

oleh
Para pegawai BPJS Kesehatan mendonorkan darah yang diadakan di aula Kantor BPJS Kesehatan di Manado.

MANADO- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) mengadakan aksi donor darah, Kamis (25/1/2018). Dimulai pukul 09.00-12.00 Wita di Aula Kantor BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Suluttenggomalut.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Manado, turut berpartisipasi yaitu para pegawai Kedeputian Wilayah dan Kantor Cabang Manado.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Suluttenggomalut Lisa Nurena mengatakan, aksi donor darah dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS).

“Sampai saat ini masih terdengar informasi bahwa PMI membutuhkan banyak stok darah untuk pasiennya. Karena itu, donor darah ini tentunya akan menambah jumlah stok darah PMI dan membantu masyarakat, terlebih khusus peserta JKN-KIS di wilayah Manado yang membutuhkan,” ucapnya.

Di sisi lain, Nurena mengungkapkan, donor darah bermanfaat juga untuk menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru, serta mencegah risiko terkena penyakit langka.

Baca juga:   Ini Jadwal Imunisasi Campak dan Rubella di Sulut

Lanjutnya, untuk mempermudah peserta JKN-KIS yang membutuhkan donor darah, prosedur yang harus dilakukan yaitu meminta surat pengantar dari ruang perawatan ke bank darah atau PMI setempat. Jika di bank darah atau PMI tersedia darah yang dibutuhkan dan sesuai tipe serta rhesus, darah tersebut langsung diperoleh.

(Harry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *