Anggaran Minim, Gaji THL Tak Sesuai UMP

oleh
Tenaga Harian Lepas di Pemkab Minut saat apel bersama Bupati Vonnie Panambunan beberapa waktu lalu.

MINUT — Penegasan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan soal Tenaga Harian Lepas (THL) tak boleh dirumahkan, bertolak belakang dengan THL di Dinas Kesehatan Minahasa Utara (Minut), dimana jumlah THL berkurang 9 orang dari jumlah THL yang ada di tahun 2017 lalu.

“Sebenarnya, ada 115 orang yang mengajukan lamaran menjadi THL di Dinkes Minut, akan tetapi sampai batas waktu yang telah ditentukan, hanya 106 orangĀ  yang balik dan menandatangani kontrak,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Ir Joseph Aliks.

Lanjutnya, untuk tahun ini, anggaran Dinas Kesehatan terjadi penurunan. Tahun lalu kami memiliki anggaran Rp 2,2 miliar tapi tahun ini hanya Rp 1,1 miliar tetapi kami masih tetap menerima THL karena Dinas Kesehatan sangat kekurangan pegawai.

“Tetapi, walau kekurangan dana, kami harus mensiasati itu dengan melakukan pemotongan gaji kepada THL tersebut. Jadi upah THL tidak mengikuti Upah Minimum Provinsi (UMP). Karena dana minim, jadi mengikuti dana yang ada,” bebernya sambil menambahkan THL yang sudah menandatangaini kontrak, sudah tahu lebih dulu gaji mereka tidak sesuai UMP, dan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca juga:   Pemkab Minut Jadi Percontohan ULP Barang dan Jasa

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *