Pemkot Manado Fokus Perangi Sampah di Tahun 2018. Tambajong: 11 Kecamatan Bakal Miliki Bank Sampah

oleh
Peluncuran Bank Sampah di Kecamatan Singkil oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Paula Runtuwene yang didampingi oleh Wakil Ketua TP-PKK Imelda Markus Bastiaan, Kepala Bapelitbangda Manado Lini Tambayong dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yohanis Waworuntu serta Camat Singkil Mursjid Pangalima.

MANADO- , Di tahun 2018 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui instansinya telah menargetkan di 11 kecamatan di Kota Manado bakal memiliki bank sampah.Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Manado DR Liny Tambajong.

“ Untuk saat ini, baru di launching di Kecamatan Singkil. Dan target di tahun 2018 ini, 11 kecamatan semuanya sudah memiliki bank sampah,” ujarnya di sela-sela acara launching bank sampah dan pemanfaatan sistem bank sampah online (smash) di Kelurahan Ketang Baru, Kecamatan Singkil, Senin (22/1/2018) siang tadi.

Menurut Kaban Liny, kehadiran bank sampah merupakan salah satu upaya pemkot untuk mengurangi volume sampah rumah tangga yang terus bertambah setiap hari.

“Pemkot Manado mengajak kepada semua masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga untuk memanfaatkan sampah yang ada bernilai guna. Hal ini juga untuk meminimalisir distribusi sampah menuju tempat pembuangan akhir (TPA) yang sudah over capacity,” tukasnya.

Ditambahkannya, Sampah kini telah menjadi persoalan krusial di Kota Manado. Sehingga diperlukan kerja sama semua pihak untuk mengatasinya. “Dan kiranya, ibu-ibu di Kecamatan Singkil menjadi pelopor dengan mulai mengurangi sampah rumah tangga masing-masing,” tutupnya.
(Budi)

Baca juga:   TPI Calaca Resmi Dikelola PD Pasar Manado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *