Gandeng Distanak Sulut, Dinas PKP Manado Tanam 10 H Bibit Padi Ladang

oleh
Kadis PKP Manado Nolfie Talumewo saat melakukan penanaman bibit Padi Ladang bersama Poktan Bougenvil di Kecamatan Mapanget.

MANADO – Kerja sama untuk memajukan sektor pertanian di Provinsi Sulawesi Utara terlebih khusus di Kota Manado dijalani oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Manado.

Selasa, (22/1/2018) pagi, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan (DPKP) mendorong kelompok tani (Poktan) Bougenvile Kecamatan Mapanget untuk memulai kegiatan penanaman Padi Ladang di lahan seluas 10 Hektare. Adapun Distanak Provinsi membantu penyediaan bibit/benih padi lading yang akan ditanam di lahan yang telah disediakan oleh petani.

Menurut Kepala Dinas PKP Kota Manado , Ir Nolfie Talumewo, penanaman benih padi ladang di lahan 10 hektare di Kecamatan Mapanget dilakukan adalah untuk menyiapkan bibit padi ladang yang nantinya akan dijadikan sumber benih/bibit bagi Distanak Sulut dan DPKP Manado.

“DPKP Manado dan Distanak Sulut membina Poktan Bougenvile dalam rangka penanaman padi ladang di lahan seluas 10 H, yang hasilnya nanti akan dijadikan sumber benih untuk ketersediaan benih padi ladang di Sulut, terlebih khusus untuk petani ladang kering di Kota Manado,” tukas Talumewo.

Lanjut Talumewo, meski , potensi padi ladang kota Manado memang tidak seperti di daerah lainnya, namun diharapkan kelompok tani (poktan) bisa memaksimalkan lahan yang ada guna sedikit membantu memenuhi kebutuhan beras lokal.

Baca juga:   Dispar Manado Gelar Rakor Pemantapan Manado Fiesta 2020

“Distanak Sulut dan DPKP Manado pun akan membantu memberi pendampingan tenaga penyuluh bagi petani agar program ini bisa berjalan baik dan sukses.Saya pun berharap kelompok tani agar serius dalam menangani program ini karena proses perawatan padi ladang tidak terlalu sulit dibandingkan perawatan padi sawah yang memerlukan air pada waktu tertentu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Balai Perbenihan Dan Sertifikasi Benih Dispertanak Provnsi Sulut, Ir Dolf Palandeng, para penyuluh di DKPP Manado serta para anggota kelompok tani Bougenvile.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *