(Video) Fungsikan ATCS. Lihat Tayangan Dishub Manado Atur Lalu Lintas di Lampu Merah

oleh
Operator dari Dinas Perhubungan Kota Manado yang sedang memantau arus lalu lintas melalui fasilitas ATSC.

MANADO— Dinas Perhubungan Kota Manado (Dishub) Manado kini telah dilengkapi dengan fasilitas ATCS.

Area Traffic Control System (ATCS) atau Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan adalah pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota.

Dengan ATCS, penataan siklus lampu lalu lintas dilakukan berdasarkan input data lalu lintas yang diperoleh secara real time melalui kamera CCTV pemantau lalu lintas pada titik-titik persimpangan (lampu merah). Penentuan waktu siklus lampu persimpangan dapat diubah berkali-kali oleh operator disesuaikan dengan kebutuhan lalu lintas saat itu (banyak/sedikitnya jumlah kendaraan) di area tersebut.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado (Kadishub) M.Sofyan AP MSi, fasilitas ATCS sudah banyak digunakan di kota besar lainnya. Fasiltas ATCS ini sangat membantu dalam mengurai kemacetan dan juga menekan jumlah pelanggaran lalu lintas karena dilengkapi dengan “CCTV bersuara”.

Baca juga:   Keintjem: Dirops Tak Bekerja, Pengawasan Berkurang, Pendapatan Turun, Gaji Telat Dibayar

” Fasilitas ATCS disamping bisa mengatur siklus lampu lalu lintas, juga dilengkapi dengan fasilitas CCTV bersuara, yang dimaksudkan sebagai sarana preventif guna mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas, karena ATCS yang dilengkapi CCTV ini terhubung dengan ruang kontrol petugas Dinas Perhubungan,” jelas sofyan.

Lanjutnya, melalui ruang kontrol yang ada di Cerdas Command Center (C3), operator dari Dishub bisa menyapa atau menegur langsung pengguna jalan yang melanggar aturan berlalu lintas.

Lihat tayangan video dibawah.

IMG_20180117_022618_280“Jangan kaget jika ada suaranya tapi tak ada orangnya. Karena itu adalah suara petugas yang sedang menertibkan lalu lintas,” tukasnya.

Jadi, tambah Sofyan, bagi pelanggar, jangan coba-coba tidak mematuhi teguran dari operator. Sebab kualitas CCTV ini bisa memperbesar gambar hingga menyorot wajah pengendara atau pelat nomor kendaraan, pungkasnya.

Saat ini, fasilitas ATCS yang dilengkapi pengeras suara itu baru difungsikan di dua titik persimpangan, yakni diperempatan lampu merah Teling dan persimpangan lampu merah Patung Walanda Maramis, Komo Luar.

Baca juga:   Wali Kota Vicky Lumentut, Hadiri Ibadah KKR di Tuminting

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *