Rating Kota Cerdas Indonesia 2017, Sepuluh Kategori Disabet Kota Manado

oleh
Kadiskominfo Manado Erwin Kontu SH saat memerima penghargaan.

MANADO- Setelah Kota Manado meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 yang diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Negara Wapres, Kota Manado kembali lagi di ajang Talk Show Smart City yang dilaksanakan di gedung Dhanapala menyabet Sepuluh kategori penghargaan sekaligus dalam Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Senin (11/12/2017) bertempat di gedung Dhanapala dalam rangka kegiatan award Rating Kota Cerdas Indonesia 2017, penghargaan untuk 10 kategori RKCI diserahkan.

Keberhasilan Kota Manado menyabet 10 kategori Rating Kota Cerdas Indonesia dari 13 kategori yang dilombakan diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado Erwin Kontu SH, yang mewakili Wali Kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi dan Wakil Wali Kota Mor D Bastiaan.

Kesepuluh kategori RKCI tersebut adalah :

  1. Rating  Keamanan dan Kebencanaan Kota (Safe & Secure Cities)
  2. Rating Ekosistem Teknologi Finansial
  3. Rating Kesiapan Infrastruktur (Infrastructure Readiness)
  4. Rating Ekosistem Kompetitif
  5. Rating Kesehatan Cerdas (Smart Health)
  6. Rating Ekosistem Inovasi
  7. Rating Sosial Cerdas (Smart Social)
  8. Rating Kesiapan Integritas (Integration Readiness)
  9. Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy)
  10. Rating Mobilitas (Smart Mobility)
Baca juga:   Dishub Manado Support Penuh Kepolisian. Ikut Bantu Tertibkan Lalin

Kadiskominfo Manado Erwin Kontu SH yang didaulat untuk mewakili Wali Kota Manado dan Wakil Wali Kota untuk menerima penghargaan tersebut mengungkapkan perasaan syukurnya atas penghargaan ini.

“Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan, karena Kota Manado bisa meraih penghargaan ini. Ini merupakan wujud kerja keras dari Wali Kota Manado dan Wakil Wali Kota yang senantiasa memberikan arahan emberikan arahan dan terus memotivasi jajarannya untuk selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga Manado,” ucap Kontu kepada sulutaktual. com saat dihubungi lewat ponsel.

Lanjut dikatakannya, diraihnya penghargaan ini tak lepas juga dari peran serta seluruh perangkat daerah Kota Manado yang mampu dan cepat mencerna semua instruksi dari pimpinanan.

RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan 2 tahunan dan dimulai pertama kali pada tahun 2015.

Baca juga:   Blanko KTP Kosong, Surat Keterangan Jadi “Surat Sakti”

Pemetaan dilakukan dengan menilai kondisi kota berdasarkan elemen kualitas hidup (ekonomi, sosial, lingkungan) dan elemen pemungkin (tata kelola, infrastruktur dan teknologi, masyarakat).

Pemetaan ini dilakukan melalui evaluasi mandiri oleh pemerintah kota dan kunjungan langsung ke pemerintah kota dan survei masyarakat di beberapa kota terpilih.

Dalam mengetahui efisiensi dan efektivitas kota dengan cara cerdas, pemetaan dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung didukung oleh APEKSI, BRI serta Indosat.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *