JEG-HH Berkebun Di Miulu.Tanam Bawang Merah, Jagung dan Ubi Kayu

oleh
Bupati Jabes E Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong ketika menanam jagung di Kampung Miulu Kecamatan Tabukan Tengah.

TAHUNA -Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong SE terus melakukan upaya pendekatan kepada masayarakat Sangihe dalam kaitannya merubah polah hidup warga kepulauan. Berbagai kegiatan dalam program Medaseng diantaranya bercocoktanam memanfaatkan lahan tidur terus ditingkatkan oleh kedua pimpinan daerah ini.

Seperti halnya di Kampung Miulu Kecamatan Tabukan Tengah belum lama ini, Gaghana-Hontong bersama masyarakat setempat melakukan penanaman bawang merah, jagung dan ubi kayu.

Dalam kesempatan tersebut  Gaghana didampinggi Hontong mengajak semua elemen masyarakat Kampung Miulu dan sekitarnya untuk memanfaatkan setiap lahan yang ada.

“Saat ini pemerintah berupaya untuk memberikan rangsangan kepada masyarakat Sangihe khususnya petani untuk tampil sebagai petani yang profesional bukan lagi musiman,” jelas Gaghana.

Memang untuk tahun 2018 mendatang lanjut Gaghana, pemerintah lagi berupaya memaksimalkan lahan untuk menanam jagung seluas 20 ribu hektar.

“Untuk jagung mulai dari bibit dan pupuk akan ditanggung pemerintah termasuk hasil panen nanti pemerintah juga telah menyiapkan pembeli sehingga petani tidak lagi kesulitan memasarkan hasil panen,” jelas Gaghana kembali.

Meski demikian lanjut Ketua Pelka Laki-Laki Sinode GMIST ini, menyatakan bahwa ke depan bukan hanya jagung saja tetapi berbagai tanaman umbian-umbian untuk menopang program “Dua Elo ta Mengelehe Nasi” atau dua hari tanpa makan nasi harus kita topang dengan hasil pertanian lokal.

Baca juga:   KK Versi 7 Segera Diterapkan Di Sangihe

“Tidak bisa dipungkiri bahwa sejumlah kebutuhan pangan khususnya umbi-umbian jenis ubi kayu masih didatangkan dari Manado. Dan untuk ke depan dengan memaksimalkan lahan tidur dan merubah pola hidup masyarakat petani, maka saya optimis ke depan Sangihe akan mampu berjaya di bidang pertanian meski baru berbicara untuk pemenuhan kebutuhan lokal,” jelasnya kembali.

Disisi lain, Gaghana meminta Dinas terkait dengan persoalan pertanian ini agar benar-benar konsisten dengan program pemerintah ini. “Pertanian akan menjadi perhatian serius untuk ditingkatkan,” imbuh Gaghana.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *