Kesbangpol Manado Gelar Diskusi Ormas, LSM dan Organisasi kepemudaan tahun 2017

oleh
Diskusi LSM, Ormas dan Organisasi Kepemudaan yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Kota Manado.

MANADO – Diskusi Ormas, LSM dan Organisasi kepemudaan tahun 2017 di kota Manado digelar Kamis (16/11/2017) pagi. Dalam forum diskusi ini dihadiri oleh puluhan pengurus Ormas, LSM dan Organisasi Kepemudaan di kota Manado.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Kasubbid 3 Dit Intelkam Polda Sulut, AKBP James Sege, Kaban Kesbangpol Kota Manado, Hanny Solang dan Asisten I kota Manado, Micler Lakat.

Forum diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan persoalan terkini untuk membahas permasalahan tentang ormas,LSM dan organisasi kepemudaan.

“Peran ormas diharapkan mampu menopang pembangunan sebab perannya menempati posisi strategis, serta sebagai perwujudan masyarakat sipil, juga berfungsi untuk membela kepentingan rakyat, mengawasi dan terlibat dalam pelaksanaan dan kebijakan atau program pembangunan untuk jaga stabilitas politik sosial, yang bertujuan meminimalisir potensi konflik sosial di masyarakat,” ungkap Hanny Solang saat membacakan sambutan Walikota Manado.

Adanya pihak yang menggunakan ormas, LSM dan Organisasi Kepemudaan untuk kepentingan tertentu dimana hal tersebut dampak iklim demokrasi yang tidak bertanggung jawab sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Baca juga:   Pemkot Manado Segera Bangun Rusun. Tambajong: Perencanaan Konsultan Sudah Dilelang

Asisten I Micler Lakat dalam paparanya menegaskan bahwa tidak boleh ada lagi ormas yang bertentangan dengan Pancasila, sesuai Perpu no 02 tahun 2017 tentang ormas.

“Peran kunci pemerintah sebagai Regulasi, Pengawasan dan pemberdayaan dimana semua itu harus ada datanya. Berapa jumlah Ormas yang ada di wilayah Manado,” lanjut Lakat

Situasi kita saat ini, negara menjamin berdirinya ormas namun harus mengikuti regulasi yang sudah dibuat oleh pemerintah. Sehingga pemerintah berharap ormas dapat turut serta aktif dalam pembangunan di kota Manado.

(Ferdian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *