Sebulan Tak Berfungsi, Lampu Mercusuar Pelabuhan Para Disepelekan Kantor Navigasi Tahuna

oleh
Lampu Mercusuar Pelabuhan Para yang dibiarkan mati dan tak berfungsi nyaris satu bulan terakhir.

TAHUNA -Keberadaan lampu mercusuar yang harusnya menjadi salah satu tanda ada fasilitas pelabuhan, tentunya wajib menyala disaat malam hari  dan siang hari ketika cuaca berkabut. Namun sangat disayangkan salah satu fasilitas keselamatan pelayaran di Pelabuhan Kampung Para Kecamatan Tatoareng nyaris sebulan terakhir sudah tidak berfungsi alias mati total.

Hal ini dengan sendirinya juga menimbulkan pertanyaan dari warga Kampung Para. Pasalnya lampu mercusuar ini juga punya fungsi penting bagi masyarakat.

“Bagi kami keberadaan lampu suar pelabuhan Para ini sangat penting ketika melaut dimalam hari. Sebab sebagai penanda bagi kami untuk pulang dari melaut di malam hari. Kalau tidak berfungsi seperti sekarang ini membuat kami kesulitan untuk kembali ke daratan,” jelas sejumlah nelayan.

Kapitalaung Kampung Para Elengkey ‘Balu’ Nesar ditemui terpisah membenarkan matinya lampu mercusuar yang sudah hampir sebulan tanpa diperbaiki oleh pihak yang berkompeten.

Elengkey 'Balu' Nesar.
Elengkey ‘Balu’ Nesar.

“Sudah hampir sebulan lampu mercusuar Pelabuhan Para ini tidak berfungsi lagi,” tegas Nesar.

Disisi lain Nesar menyatakan dirinya sudah ke Tahuna pada Senin (6/11/2017) lalu dan melaporkan secara resmi keberadaan lampu mercusuar ke Kantor Navigasi.

Baca juga:   1060 Pelanggaran Hiasi Operasi Zebra Samrat 2017 di Sangihe

“Kepala Kantor Navigasi Tahuna berjanji akan datang dan memperbaikinya pada Sabtu (11/11/2017). Namun kenyataannya keluhan dan laporan resmi itu dianggap sepele sebab janji Kepala Navigasi Tahuna untuk memperbaiki lampu mercusuar tersebut tinggal janji saja,” imbuh Nesar dengan nada kesal.

Namun sangat disayangkan hingga berita ini diturunkan, Kepala Kantor Navigasi belum memberikan konfirmasi sebab ketika dihubungi dikantornya yang bersangkutan tidak berada ditempat.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *