DPKP Manado Uji Coba Alsin Pertanian, Brigade Pertanian Siap Bantu Petani

oleh
Kepala DPKP Ir Nolfie Talumewo saat ikut mencoba alsin bantuan dari Kementerian Pertanian RI.

MANADO- Dinas Pertanian Kelautan dan Peternakan (DPKP) Kota Manado melakukan uji coba alat mesin (alsin) pertanian bantuan dari Kementerian Pertanian RI, di lokasi lahan pertanian milik Kelompk Tani (Koptan) Bougenvile, Kelurahan Kima Atas Kecamatan Mapanget, Rabu (8/11/2017) siang tadi.

Alsin pertanian bantuan dari Kementerian RI berupa mesin traktor roda empat (TR4) pengolah tanah dan alat penanam benih jagung (corn planter), yang juga dilengkapi dengan mesin untuk pemupukan.

“Uji coba dari alsin bantuan dari Kementerian ini dilakukan untuk mempelajari cara kerja alsin dan juga dirangkai dengan pembentukan Brigade Alsin Pertanian sesuai petunjuk Menteri Pertanian,” jelas Talumewo.

Bantuan alsin tersebut nantinya akan digunakan untuk pengelolaan lahan pertanian yang ada di Kota Manado. Dan telah dibentuk Brigade Alsin Pertanian yang bertugas untuk membantu petani dalam pekerjaan pengelolaan tanah, penanaman serta pemupukan.

“Saya berharap dengan adanya alat ini serta telah dibentuknya Brigade Alsin Pertanian, para petani akan memanfaatkan kesempatan ini, karena bisa menghemat waktu dan biaya tenaga kerja, sehingga pemanfaatan lahan pertanian bisa lebih optimal, sekaligus bisa meningkatkan produksi yang tentu saja akan membantu meningkatkan pendapatan petani,” harapnya.

Lanjut Kadis Talumewo, para petani bisa memanfaatkan alat ini dengan cara membuat permohonan bantuan ke DPKP Kota Manado, dan nantinya Brigade Alsin Pertanian akan turun membantu mengelola lahan pertanian milik petani yang bermohon, katanya.

Brigade Alsin Pertanian DPKP Kota Manado siap membantu petani dalam mengembangkan pertanian di Kota Manado.
Brigade Alsin Pertanian DPKP Kota Manado siap membantu petani dalam mengembangkan pertanian di Kota Manado.

Untuk diketahui, Kementerian Pertanian telah memberikan bantuan enam unit traktor roda empat kepada Pemerintah Kota melalui DPKP Manado agar digunakan oleh Brigade Alsin Pertanian Manado untuk mengembangkan sektor pertanian di Kota Manado.

Baca juga:   Blangko e-KTP Masih Kosong, Oehlers Minta Maaf

“Pemberian bantuan ini tak lepas juga dari peran Wali Kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Wali Kota Mor D Bastian SE, yang memberi saran dan petunjuk kepada DPKP Manado untuk meminta bantuan mesin/alat Pertanian ke Kementerian RI, karena hampir 11 tahun Kota Manado tak pernah diberikan bantuan Alsin dari Kementerian Petanian,” tandas Kadis yang dekat dengan awak media ini.

Bantuan TR4 dari Kementerian tersebut, bernilai Rp 2,7 miliar, dengan perincian harga per unit sekira Rp 450 juta.

“Dan ini juga sebagai pemenuhan janji Menteri Pertanian (Mentan) saat DPKP Kota Manado mengikuti rapat koordinasi di Kota Makassar di pertengahan tahun ini,” tutupnya.

(Budi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *