SD dan SMP se-Minut Dibekali Materi Pengelolaan Dana BOS

oleh
146 sekolah SD dan SMP di Minut mengikuti pembekalan penggunaan dana BOS.

MINUT — 146 sekolah baik SD dan SMP se Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terkait Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) tahun 2017 oleh Badan Keuangan Minut, Selasa (31/10/2017) kemarin.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari, dimulai sejak Selasa (31/10) sampai, Rabu (01/11) hari ini bertempat di salah satu hotel di Minut.

“Kegiatan ini digelar untuk pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah satuan pendidikan negeri yang diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota pada anggaran pendapatan dan belanja daerah. Untuk itu para Kepala Sekolah dan bendahara BOS yang mengikuti acara ini dapat mengikutinya sampai akhir kegiatan, agar pelaksanaan nanti dapat mengikuti sesuai peraturan pemerintah,” ujar Kepala Badan Keuangan Minut Robby Parengkuan SH.

Kegiatan ini, ucap Parengkuan, dilatar belakangi dari kewajiban Pemerintah Daerah untuk menganggarkan penyajian pendapatan dan belanja yang bersumber dari Dana Bos pada laporang keuangan Pemerintah Daerah sesuai amanat Surat Daerah (SE) Mendagri No 910/106/SJ tentang petunjuk teknis penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan.

Baca juga:   Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu Msc Doakan Bupati Minut.

“Tujuannya kegiatan ini, untuk meningkatkan laporang keuangan Daerah, tertib administrasi pengelolaan keuangan dana BOS dan Peningkatan kompetensi pengelolaan dana BOS baik tingkat SD sampai SMP di Minut,” katanya.

Lanjut Parengkuan, dalam pengelolaan Dana BOS pada satuan pendidikan negeri, termasuk salah satu objek pememeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Dengan itu, harapannya kepada para pengelola Dana BOS supaya menguasai sepenuhnya tata cara pengelolaan, penggunaan serta pengusunan laporan,” tutup Parengkuan.

(Marvil)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *