Pertama di Sulut, Kapolres dan Bupati Minut Tandatangani MoU Pengawasan Dandes

oleh -92 Dilihat

MINUT – Kapolres Minahasa Utara (Minut) AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, dan Bupati Minut Vonnie A Panambunan menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan pengelolaan keuangan Negara/Daerah serta pemberantasan korupsi di Kabupaten Minut, Rabu (01/11/2017) di Kantor Bappelitbang Minut.

Dihadapan para Hukum Tua dan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Minut, Kapolres Minut Alfaris Pattiwael mengatakan, penandatanganan ini merupakan tindaklanjut dari MoU yang dibuat oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, dan Kapolri atas petunjuk dan arahan Presiden Republik Indonesia (RI), untuk sesegera mungkin melaksanakan efektifitas penggunaan Dana Desa sesuai dengan program Presiden RI pembangunan daerah pinggiran dan itu harus ada pelaporannya diakhir tahun penganggaran tahun 2017 ini.

“Ini merupakan penandatanganan MoU untuk pendampingan penggunaan dana Desa pertama di Sulut. Saya berterima kasih  kepada Bupati Minut yang mendukung kegiatan ini,” kata Kapolres Pattiwael.

Dikatakan Pattiwael, terkait hal ini keterlibatan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BHABINKAMTIBMAS) sebagai mana dibentuk MoU yang dibuat, Bhabinkamtibmas bertujuan untuk pendampingan efektifitas penggunaan Dana Desa.

“Babinkamtibmas ini bukan untuk menakut-nakuti para Hukum Tua. Bhabinkamtimas tidak ada kewenangan untuk mengatur anggaran harus dibuat bagaimana. Tapi, Bhabinkamtibmas hanya sebagai pemberi saran dan pendampingan untuk keberhasilan penggunan Dana Desa,” urai Kapolres.

Lanjut Pattiwael, prinsip dari pendampingan Babinkamtimas kepada Hukum Tua dan aparat terkait adalah prinsip pencegahan kejahatan.

“Dalam proses tindakan hukum menurut Kapolri, pertama dapat teguran, kedua dapat teguran lagi, dan yang ketiga tidak ada ampun lagi. Jikalau, ada Bhabinkamtimas bahkan kapolsek yang menakut-nakuti Hukum Tua langsung lapor sama saya,” tutupnya.

(Marvil)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.