Medaseng Su Soang Manthelageng Megahagho Canangkan ‘Dua Elo Ta Mengelehe Nasi’

oleh
Bupati Jabes E Gaghana SE ME didampinggi Wakil Bupati Helmud Hontong SE dan Sekda Sangihe Edwin Roring ketika melakukan pemotongan kue adat yang Tamo yang terbuat dari ubi kayu sebagai tanda pencanangan program Dua Elo Ta Mengelehe Nasi.

TAHUNA – Program unggulan Medaseng Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong SE (Megahagho) untuk ketiga kalinya terus mengalami perubahan dan terobosan.

Setelah sebelumnya Medaseng di Kecamatan Manganitu dicanangkan Kaehe Buresi (Sabtu bersih), kali ini Medaseng Su Soang Manthelangeng (Kecamatan Tamako) Jumat sampai dengan Sabtu (20-21/10/2017) Gaghana-Hontong mencanangkan program Dua Elo Ta Mengelehe Nasi (Dua hari sepekan tanpa makan nasi) yakni hari Selasa dan hari Jumat setiap minggu berjalan.

Gaghana dalam pernyataannya dengan menjalankan program ini setidaknya telah terjadi penghematan biaya hidup mencapai miliaran rupiah dalam sebulan.

“Sebab dalam dua hari seminggu kalau kita makan tanpa nasi, setidaknya terjadi penghematan biaya pembelian beras mencapai Rp 1 miliar dan satu bulan mencapai Rp 4 miliar,” jelas Gaghana di Gedung Gereja GMIST Pniel Kalinda Kecamatan Tamako.

Disisi lain lanjut Gaghana, uang yang mampu dihemat tersebut bisa dipergunakan untuk membeli bahan makanan hasil pertanian lokal seperti sagu, ubi, ubi jalar dan keladi serta bahan makanan lokal lainnya.

Baca juga:   Stop Stigma Negatif Bagi Penderita Covid 19
“Dengan demikian kita semua secara langsung mampu menghidupi petani Sangihe dalam rangka pengentasan kemiskinan di wilayah kepulauan ini,” jelasnya kembali.

Dibidang kesehatan lanjut Gaghana dihadapan masyarakat Manthelageng, menkomsunsi pangan lokal bukan nasi juga baik untuk kesehatan dan dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

“Sejumlah pangan lokal selain mampu sebagai obat juga tidak berdampak pada kesehatan dibandingkan dengan zat yang terkandung dalam nasi sesuai dengan perkembangan era modernisasi ini,” imbuhnya sambil meminta Dinas Perdagangan agar menyiapkan lapak bagi penjual hasil pertanian lokal khususnya bahan makanan di semua pasar agar tidak berjualan di emperan toko.

Hadir dalam pelaksanaan Medaseng Su Soang Manthelangeng ini Ketua TP PKK Sangihe Dra Ririswary Gaghana Katamsi, Wakil Bupati Helmud Hontong SE bersama Ibu, Sekretaris Daerah Edwin Roring, semua pimpinan OPD dan jajaran PNS.

(sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *