Diknas Minut Gelar Bimtek Kepsek se-Kabupaten

oleh

MINUT – Guna memperkuat kapasitas dan kualitas Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), para kepsek se Minut mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Penguatan Kompetensi Kepala-Kepala Sekolah SMP dan MTs yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Diknas) Minut.

Bimtek dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 17-19 Oktober 2017 yang dilaksanakan di dua tempat berbeda.

Hari pertama dibuka oleh Bupati Minut Vonnie Panambunan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sofitje Wolajandi SE MM di Hotel Sutanraja Desa Watutumou II, dan hari kedua diselenggarakan di Aula Kantor Bapelitbang dan hari terakhir kembali dilaksanakan di Hotel Sutanraja.

Sebagai nara sumber utama yaitu Widyaswara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Utara (Sulut) Dr Welly Koloay, Inspektorat Minut, Ketua MKKS dan Diknas Minut.

Koloay dalam paparannya dihadapan para kepsek mengingatkan sebagai pemimpin di sekolah, kepsek harus bisa mendelegasikan tugas-tugas yang ada di sekolah sehingga semua guru dapat menjalankan tugas sesuai dengan kewajiban masing-masing.

Baca juga:   Bagikan Bantuan untuk Warga Kepulauan, SGR Gunakan Motor Kunjungi 4 Desa
“Kepsek harus menguasai 4C, yaitu Critical Mind, Creative, Colaboration and Comunication. Jadi berpikir kritis, kreatif, mampu berkolaborasi dan mampu berkomunikasi dengan baik, sehingga semua potensi sekolah dapat diberdayakan dengan baik dan bisa terus mengikuti perkembangan kemajuan pengetahuan dalam menerapkan pembelajaran,” jelas Koloay seraya mengingatkan akan budaya Copy Paste (meniru) laporan dari sekolah lain agar dihindari.

Ditambahkannya, selain itu para kepsek juga dituntut harus mampu berpikir tingkat tinggi, atau berpikir secara terstruktur dalam menyusun program sehingga dapat melakukan terobosan-terobosan yang tepat dan berhasil guna bagi kepentingan pembelajaran.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Minut Sofitje Wolajan SE MM mengatakan Bimtek ini sangat penting untuk dilaksanakan.

“Selain untuk meningkatkan kapasitas kepsek, terutama juga peningkatan kompetensi, terlebih bagi para kepsek yang belum lama diangkat dan dilantik oleh Bupati,” terang Wolajan didampingi Ketua Panitia Noldi Tangka S.Pd MMPd.

Guna diketahui, bimtek ini diikuti oleh 50 orang Kepsek SMP-MTs se-Minut.

Baca juga:   Sosialisasi di SMAN 1 Likupang, Polsek Likupang Perkenalkan Siremita

(Minut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *