Pemkab Dan Polres Minut Gelar Sosialisasi SITAHU

oleh

MINUT — Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berikan pemahaman taat Hukum kepada utusan siswa/siswi SD, SMP, SMA yang ada di Kabupaten Minut.

Hal ini dibuktikan saat Bupati Minut Vonnie A Panambunan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Minut Ir Jemmy Kuhu membuka secara resmi kegiatan sosialisaai Siswa Taat Hukum (Sitahu), Selasa (17/10/2017) di Pendopo Kantor Bupati Minut.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan memacu akselerasi terwujudnya kesadaran hukum bagi para pelajar, dan bisa terwujudnya generasi muda yang sadar dan taat hukum,” ujar Sekdakab Kuhu.

Dikatakannya lagi, generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, dan berbangsa merupakan tulang punggung dan merupakan harapan dimasa depan nanti.

“Maka dengan itu katakan tidak terhadap penyalahgunaan Narkoba, seks bebas, perkelahian antar pelajar, dan konsumsi miras,” ucap Sekda Minut seraya menambah, “kiranya lewat kegiatan SITAHU siswa dapat teredukasi serta mengerti dan memahami hak yang dimiliki seorang anak agar bisa berdampak pada berkurangnya tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak.”

Baca juga:   Pembukaan Festival Pantai Pall Meriah

Sementara, pada kesempatan tersebut Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK saat memberikan pemahaman taat Hukum kepada siswa/siswi mengatakan, agar menghindari obat – obat terlarang dan Narkoba, karena itu dapat merusak tubuh.

“Materi saat ini judulnya generasi muda dan kepatuhan hukum. Narkoba dikenal untuk dihindari. Bukan dikenal untuk digunakan. Narkoba ini jika disalahgunakan dapat merusak saraf otak. Narkoba banyak memakan korban di mana-mana,” ucapnya.

“Penyebab menggunakan Narkoba, karena lingkungan, maka untuk mengantisipasi itu, harus memberdayakan peran masyarakat, pemerintah, orang tua, dan guru-guru. Seperti kasus di Minut, anak kelas lima SD menggunakan lem Ehabon. Itu kasus yang pernah kita temukan,” ungkapnya.¬†

Kapolres Minut juga mengingatkan bahwa membuang sampah sembarangan juga melanggar hukum, maka dengan label Sitahu ini selain menjauhkan Obat-obat terlarang dan membuang sampah sembarangan, sebagai generasi muda juga harus hindari balap liar dan bisa tertib berlalu lintas.

Baca juga:   Sertijab Kepala Badan SAR Manado, Mochamad Arifin Gantikan Budi Cahyadi

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua PN Airmadidi Agus Thjajo Mahendra, Toko Agama, Kepala Dinas Pendidikan Minut, Mewakili kejari Minut, para Guru SD, SMP, SMA dan Murid.

(Marvil)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *