HUT TNI Ke-72 di Sulut, Defile dan Atraksi Pasukan Pukau Tamu Undangan

oleh
TNI dan Polri bersinergi di Sulut.

SULUT – TNI yang hari ini 5 Oktober 2017 genap berusia 72 tahun menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) di seluruh Indonesia. Untuk pelaksanaan perayaan HUT dipusatkan di Pelabuhan Kiat Banten.

Untuk perayaan HUT TNI di Sulut kali ini diselenggarakan di Kawasan Megamas, Kota Manado. HUT TNI kali ini diawali dengan Upacara Parade dan Syukuran HUT TNI Ke-72 tahun dengan tema “Bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional. Siap mewujudkan Indonesia yang mandiri, berdaulat, berkepribadian dan, adil dan makmur.”

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Santos Matondang dihadapan ribuan pasukan yang bersenjata lengkap, menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara parade dan defile berbagai alutsista TNI ini sebagai pertanggungjawaban kepada presiden selaku panglima tertinggi TNI dan masyarakat terkait kesiapan Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) yang dimiliki TNI saat ini dan performa personel TNI sehingga masyarakat dapat melihat kekuatan TNI secara langsung.

Pemberian tanda penghargaan.
Pemberian tanda penghargaan.
“Tema pokok pada tahun ini adalah bersama rakyat TNI kuat, adapun makna dari tema tersebut yaitu TNI tumbuh, berkembang dan berjuang bersama rakyat,” lanjut Jenderal bintang satu tersebut.

Kasdam juga menegaskan untuk setiap prajurit dan ASN dilingkungan TNI dituntut mengedepankan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi. Prestasi dan penilaian kinerja yang optimal dari masyarakat harus dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan. Menurutnya dalam 2 tahun terakhir ini masyarakat menilai bahwa TNI institusi paling solid dan terpercaya.

Defile alutsista.
Defile alutsista.

Berbagai Keahlian dan kemampuan prajurit TNI ditampilkan di Kawasan Megamas yang membuat banyak mata yang memandang berdecak kagum, diantaranya Beladiri khas prajurit, Yongmodo, Beladiri trisula, Terjun payung/ free fall dan yang menegangkan saat para prajurit menunjukan skill khusus dalam penyelamatan/pembebasan sandera.

Baca juga:   PGI Undang Jokowi Hadiri Konferensi Gereja dan Masyarakat di Sulut

 

Baca Juga:

 

Bupati VAP Apresiasi Juriko dan Launching Siremita

Kapolda Sulut Launching Siremita, Bupati VAP Beri Apresiasi Polres Minut

Jadi Kegiatan Rutin Bulanan, Polres Minahasa Cek Senpi 83 Personel

Gubernur Olly dan BBPOM Sulut Musnahkan Obat Ilegal

Triwulan III, Capaian PAD Dishub 73,56 Persen. Sofyan: Optimis Capai 100 Persen

Tak kalah menarik dengan adanya Defile prajurit dengan derap langkah kaki yang kompak dan seirama membuat para tamu undangan dan masyarakat bertepuk tangan.

Hadir pula di acara ini, Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito, Kabakamla Sulut, Brigjen Pol Bastomy Sanap, Kepala BNNP Sulut, Brigjen Pol Charles Ngili, Kajati Sulut, Mangihut Sinaga, Walikota Manado, Vicky Lumentut yang secara langsung menghadiri HUT TNI ke 72 di Manado ini.

(Ferdian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *