Hujan Deras Guyur Sangihe, 283 Rumah Terendam Banjir Di Laine

oleh
Sekolah Dasar di Kampung Laine yang terkena banjir pada Minggu lalu. Nampak Camat Manganitu Selatan Ventje Kamurahan berbaur dengan siswa untuk melakukan pembersihan gedung sekolah.

TAHUNA -Intesitas curah hujan dari ringan hingga deras yang mengguyur Kabupaten Kepulauan Sangihe sejak beberapa hari, mulai berimbas dan menjadi ancaman bencana bagi warga di wilayah kepulauan.

Buktinya, hujan deras, Minggu (24/9/2017) malam mengakibatkan bencana banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Sangihe, seperti halnya yang terjadi di Kampung Laine Kecamatan Manganitu Selatan. Dimana sedikitnya 283 rumah, 2 gedung ibadah dan tiga bangunan sekolah terendam banjir ketinggian 50 cm-100 cm.

Camat Manganitu Selatan Ventje Kamurahan dihubungi menjelaskan, banjir terjadi pada Minggu malam tersebut diakibatkan tingginya curah hujan dan mengakibatkan meluapnya dua aliran sungai yaitu sungai Kadadima dan Sungai Tawara.

“Banjir yang merendam Kampung Laine ini diakibatkan oleh meluapnya dua sungai masing-masing sungai Kadadima dan sungai Tawara serta tingginya air pasang laut yang terjadi,” ujar Kamurahan.

Lebih lanjut dikatakan Kamurahan, saat terjadi banjir masyarakat diungsikan ke tempat yang lebih aman dan tidak ada korban jiwa.

“Masyarakat yang terkena dampak banjir ditampung sementara di tempat ibadah menunggu banjir surut,” katanya sambil menyatakan  jumlah kerugian materi belum bisa dipastikan karena menunggu hasil dari lapangan.

Sementara itu Pemerintah Daerah melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Reintje Tamboto dikonfirmasi mengatakan, Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana telah mengambil langkah cepat dengan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan warga.

“Bantuan telah disalurkan oleh BPBD berupa bantuan mie instan dan bantuan lainnya, masing-masing supermi 43 dos, ikan kaleng 23 dos, gula 3 karung, kopi 30 pak dan teh 30 pak,” singkat Tamboto.

Hingga berita ini diturunkan air telah surut dan warga telah kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga:   Pemkab Sangihe Resmi Hibahkan Tanah Ke KPUD

(sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *