Pemkab Minut Jalin Kerjasama Dengan TNI AL di Bidang Pertanian

oleh
Penanaman pohon buah buahan oleh TNI AL dan warga Talawaan.

MINUT — Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melelui Kecamatan Talawaan Bidang pertanian menjalin kemitraan dengan Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Manado.

Hal tersebut telihat, Jumat (15/09/2017) dengan kegiatan penanaman pohon buah-buahan di lahan perkebunan milik Lanudal di Desa Mapanget Kecamatan Talawaan.

Dari pihak Lanudal dalam kegiatan ini diwakili Wadanlanudal Major Laut Muis, sementara Pemkab Minut diwakili oleh Camat Talawaan Johan Wewengkang S.Sos M.Kes didampingi  Hukum Tua Desa Mapanget Fredrik Sumakud dan Desa Kolongan Kecamatan Talawaan Marthen Sumampouw.

Wadanlanudal Mayor Laut Muis dalam kegiatan tersebut mengatakan, di lingkungan TNI AL memiliki Potensi Maritim (Posmar) yang  sangat besar, namun juga atas perintah Presiden melalui Panglima TNI, prajurit TNI AL juga harus ikut menggalakan potensi pertanian yang ada di sekitar.

“Potensi pertanian dan perkebunan yang ada disekitar areal Lanudal ini juga harus dimanfaatkan dengan tujuan ikut membantu mensejahterakan masyarakat di Minut. Kami telah menanam beberapa jenis buah di sekitar areal Lanudal. Dan hasil panen penanaman ini telah dipasarkan di sejumlah supermarket yang ada di Manado dan sekitarnya,” jelas Muis.

Baca juga:   Bantu Warganya , Pemkab Minut Bagikan Beras dan Ikan Kaleng

Lanjut Wadanlanudal, kedepan pihak Lanudal akan membuka lahan tidur baru yang tidak pernah digarap oleh pemiliknya. Pihaknya berharap Pemkab  Minut melalui pemerintah Kecamatan Talawaan akan ikut membantu terlaksananya program lanudal ini.

“Kami akan terus berupaya menunjang program pemerintah bukan saja dibidang pertanian dan perkebunan tapi juga dibidang keamanan dan kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan seperti ini nantinya akan lebih ditingkatkan sehingga kemitraan antara Lanudal dan Pemkab Minut semakin kuat,” kata Muis

Sementara, Camat Johan Wewengkang mengatakan, Pemerintah Kabupaten melalui Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan dan Wakil Bupati Joppi Lengkong terus memantapkan visi menjadikan Minut unggul dalam bidang Industri, Pariwisata dan Pertanian. Setiap komponen masyarakat harus pula mengambil bagian didalamnya.

“Kegiatan ini bertujuan, selain menjalin kebersamaan dan kemitraan antara Pemkab dan Lanudal sekaligus juga ikut menunjang program Pemkab Minut di bidang pertanian. Kegiatannya adalah menanam beberapa pohon mangga, bersih-bersih lingkungan dan olahraga bersama,” ucap Wewengkang.

Baca juga:   Blokir Jalan Kelurahan Airmadidi, Warga Tuntut PT NK

(Marvil)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *