Dinilai Berhasil Dalam Program Tangguh Becana, Walikota Manado Terima Penghargaan PMI

oleh -127 Dilihat
Walikota GSVL saat menerima penghargaan dari PMI yang diserahkan langsung oleh Plh Ketua Umum PMI, Prof. Dr. Ginandjar Kartasasmita.

BOGOR – Walikota Manado, Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, didampingi Ketua PMI Manado, Ibu Dr Paula Runtuwene, dan Pengurus PMI Sulut, menerima Penghargaan PMI Yang diserahkan langsung oleh Plh Ketua Umum PMI, Prof. Dr. Ginandjar Kartasasmita dalam pelaksanaan Temu Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Temu Sibat) pada Minggu 17/09/2017 di Bumi Perkemahan Gunung Pancar, Sentul Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Anugerah Penghargaan PMI ini diberikan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dikarenakan Pemkot Manado dinilai mampu membina dan menggerakkan program tangguh bencana.

Pengalaman menangani korban bencana banjir bandang Manado 2014 telah membangun kesadaran Yang tinggi bagi berbagai kalangan untuk mendorong lahirnya program dan kegiatan yang pada akhirnya dapat membina dan menggerakkan masyarakat  dalam upaya mencegah dan menanggulangi bencana.

IMG-20170917-WA0003

Bagi Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastian SE, program Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat, tidak dapat dikerjakan sendiri oleh Pemerintah, tetapi melakukannya secara terintegrasi dengan berbagai stakeholder, termasuk Palang Merah Indonesia (PMI).

Implementasi program dan kegiatan Terpadu antara Pemerintah, PMI, Dan masyarakat di Kota Manado ternyata mendapatkan pengakuan PMI, dan pada akhirnya membuahkan penghargaan PMI ini.

Sebelumnya, melalui penilaian  dan undangan sebagaimana tertuang dalam surat PMI Pusat Nomor: 1304/PB/VIII/2017 tanggal 24 Agustus 2017 perihal pemberian penghargaan kepada penggerak dan pembina masyarakat tangguh bencana, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut bersama PMI Manado dengan dukungan  berbagai pihak telah mengembangkan program Maasyarakat Tangguh Bencana melalui berbagai kegiatan upaya pengurangan risiko berbasis masyarakat. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan selama ini, program pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat di Kota Manado telah berjalan dengan baik.

(Budi/rilis)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.