Tutup Manado Fiesta 2017, Walikota GSVL Thanksgiving Dengan Warga Manado

oleh

MANADO- Rangkaian acara Manado Fiesta yang puncaknya pada acara penutupan yakni perayaan Thanksgiving atau Pengucapan Syukur Kota Manado sekaligus pencanangan Manado Fiesta 2018, digelar di Taman Berkat atau God Bless Park, Jalan Piere Tendean Boulevard, Minggu (10/09/2017) siang tadi

Suasana akrab meliputi seluruh undangan yang datang dari berbagai golongan agama dan suku di Kota Manado berlangsung meriah, dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Propinsi Sulawesi Utara maupun Kota Manado serta undangan lainnya termasuk warga Manado yang tinggal di perantauan.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dalam sambutannya diawal acara menyatakan suksesnya pelaksanaan Manado Fiesta 2017 yang digelar 1-10 September tidak terlepas dari dukungan seluruh komponen yang ada di Manado termasuk tokoh agama.

Walikota GSVL juga berterima kasih kepada Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, yang telah memberikan ijin sekaligus dukungan personil kepolisian dalam kegiatan Manado Fiesta dan juga terima kasih atas dukungan dari Komando Daerah Militer (KODAM) XIII Merdeka melalui Komando Distrik Militer (KODIM) 1309 Manado yang ikut menjaga keamanan sejak dibukanya Manado Fiesta 2017.

Baca juga:   Aniaya Pacar, SA Digiring ke Polresta Manado
“Terima kasih saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado kepada Pak Kapolda Sulut atas dukungannya dan juga TNI dalam hal ini KODAM XIII Merdeka yang diwakili Pak Dandim 1309 Manado Mayor Toar Pioh, sehingga saya baru lihat Cakalele terbanyak dengan melibatkan 150 personil TNI Angkatan Darat. Tak lupa juga dukungan TNI Angkatan Udara yang menyemarakan langit Manado, saat acara pembukaan dan terlibat langsung dalam Flying Festival. Terima kasih pula kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat dari berbagai agama, suku dan etnis serta seluruh lapisan masyarakat di Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.

Terkait pelaksanaan Manado Fiesta 2018, Walikota GSVL menegaskan tidak hanya di darat ataupun di udara, namun akan memanfaatkan perairan Teluk Manado sebagai tempat parade.

“Manado Fiesta tahun 2018 mendatang, kita melaksanakannya di darat, udara dan laut. Akan ada parade di Teluk Manado. Ini untuk lebih mengangkat potensi kita di laut dan wisata kemaritiman kita,” tukas walikota cerdas ini.

Sementara, Komandan Resor Militer (Danrem) 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak mengingatkan tentang persatuan dan kesatuan serta ancaman pemecah belah bangsa yang dinilai sekarang bukan masuk dari segi ketahanan dan keamanan akan tetapi melalui ideologi, politik, sosial dan budaya yang biasa disebut dengan Proxy War.

“Ancaman pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa perlu diwaspadai. Ancaman dalam bentuk perang terbuka atau menyerang suatu negara sudah bukan jamannya lagi. Saat ini mulai dikenal dengan istilah Proxy War, yakni menyerang kesatuan dan persatuan dari suatu bangsa atau negara melalui tangan pihak ketiga, seperti penghangcuran Ideologi, Politik, Sosial dan Budaya. Tetapi apa yang dilakukan pemerintah dan masyarakat Kota Manado dengan melaksanakan iven pariwisata Manado Fiesta dengan melibatkan seluruh agama dan suku di Manado bisa mengatasinya,” ujar Danrem.

Sebagai tanda pencanangan Manado fiesta 2018, Walikota GSVL didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE serta unsur Forkopimda Sulut dan Manado melepas balon udara. Dalam kesempatan itu juga, diumumkan para pemenang bendi hias dan kendaraan hias.

Baca juga:   Vicky Berdoa Dan Puasa Jelang Palantikan

Acara ditutup dengan doa bersama para tokoh agama di Kota Manado. Dan dilanjutkan dengan makan bersama dengan jenis makanan bermacam-macam yang diolah masyarakat dari berbagai agama dan suku. Ada makanan Minahasa, Gorontalo, Toraja, Ambon, Jawa dan lainnya. Sejumlah wisatawan mancanegara ikut pula hadir dan menikmati sajian makanan yang tersedia. Tampak hadir dalam acara tersebut pimpinan dan anggota DPRD Manado, Pelaksana Tugas (Plt) Sektetaris Daetah (Setda) Kota Manado Drs Rum Dj Usulu serta sejumlah kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado.

(Budi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *