Gubernur Olly Harap Lulusan STIKES Muhammadiyah Mampu Optimalkan Potensi

oleh

SULUT- Dengan kemajuan perkembangan telhnologi saat ini menuntut semua bidang kerja diisi oleh tenaga kerja yang handal dan kompetitif. Maka diharapkan seluruh lulusan perguruan tinggi di Sulawesi Utara harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya dalam dunia kerja.

Hal ini diungkapkan Gubernur Olly Dondokambey, SE pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dirangkaikan dengan Wisuda XII dan Pelantikan Ners III Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah di Manado, Senin (4/9/2017) siang, yang dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Kesehatan, dr. Deybie Kalalo.

“Saya berharap saudara-saudara dapat segera mengaktualisasikan diri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki dalam dunia kerja, karena ilmu pengetahuan dan keahlian dari saudara-saudara ditunggu oleh masyarakat,” katanya.

Selain kepada para wisudawan dan wisudawati, Gubernur Olly juga menyatakan harapannya kepada civitas akademika STIKES Muhammadiyah Manado yang telah menghasilkan ribuan lulusan di bidang kesehatan selama berdirinya itu agar selalu mampu mengantisipasi semua perubahan yang ada dalam manajemen pendidikan tinggi.

“Semua perubahan harus bisa diantisipasi. Baik penyesuaian kurikulum dan objek studi yang diterapkan, peningkatan kualitas dan kuantitas pengajar/dosen, penyederhanaan dan pengefektifan administrasi, serta pembenahan sarana prasarana belajar yang sesuai dengan teknologi terkini,” ujarnya.

Terkait dengan penyesuaian kurikulum dan mengantisipasi perubahan tersebut, Olly juga meminta pihak STIKES Muhammadiyah, selain melaksanakan program studi unggulan kampus, juga mampu mengakomodir program pemerintah dalam rangka melakukan revolusi mental khususnya di kalangan generasi muda.

“Mari kita perkuat dan intensifkan kembali pendidikan yang mengajarkan kisah-kisah kepahlawanan, patriotisme, nasionalisme dan pengakuan atas keragaman etnis, budaya, agama serta peningkatan pemahaman akan nilai-nilai Empat Pilar Kehidupan Berbangsadan Bernegara, yakni; Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” paparnya.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Gubernur Olly berharap, STIKES Muhammadiyah dapat tampil terdepan dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi hingga terwujudnya pembangunan kesehatan yang berkualitas serta berdaya saing di Sulut.

“Sehingga senantiasa dapat menghasilkan sumber daya manusia di Sulawesi Utara yang unggul, sehat, kompetitif dan produktif,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs. H. A. Dahlan Rais, M.Hum berharap status STIKES Muhammadiyah Manado nantinya dapat ditingkatkan menjadi Universitas.

Baca juga:   Wagub Kandouw: Sumpah Janji PNS bak Dua Sisi Keping Mata Uang

“Saya berharap STIKES Muhammadiyah Manado dapat menjadi Universitas. Ini akan tercapai jika semua pihak bekerja keras untuk meraihnya,” kata Dahlan.

Menurutnya, kesempatan untuk mencapai rencana itu terbuka lebar. Dahlan menyebutkan tiga prinsip yang harus dipegang teguh oleh STIKES Muhammadiyah dalam persaingan di bidang pendidikan yang semakin kompetitif.

“Berhenti tergilas, berjalan tertinggal dan berlarilah untuk membuka harapan,” tandasnya.

Adapun agenda tersebut turut dihadiri perwakilan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta se Sulut.

(Ferdian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *