Belanja Dandes, Pjs Kapitalaung  Sensong Tak Libatkan Bendahara

oleh

TAHUNA -Ulah Pejabat sementara (Pjs) Kapitalaung dalam Pengelolaan Dana Desa (Dandes) terus mencuat ke permukaan. Setelah sebelumnya sejumlah kampung yang ada di Sangihe Pjs Kapitalaung berulah, kini Pjs Kapitalaung Kampung Sensong Kecamatan Tabukan Selatan Heny Suku dikeluhkan masyarakatnya sendiri.

Informasi yang berhasil dirangkum sulutaktual.com menyatakan Dandes yang ada justru dikelola oknum Pjs Kapitalaung tanpa melibatkan Bendahara Kampung dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK).

IMG-20170904-WA0009

“Mulai dari pembelanjaan modal Dandes hingga pembayaran upah kerja masyarakat yang melaksanakan pekerjaan Dandes dilakukan Kapitalaung sendiri”, ujar sejumlah warga. Demikian dengan uang yang diambil dari rekening bank dibawah ke rumah Pjs Kapitalaung.

Lanjut mereka, “Ketika mengambil uang, bendahara kampung dipanggil, namun ketika uang tunai sudah adah uang tersebut langsung di bawah ke rumah Pjs Kapitalaung baru dibelanjakannya sendiri”, jelas mereka kembali.

Sementara itu Psj Kapitalaung Sensong Kecamatan Tabukan Tengah Heny Suku ketika dikonfirmasi tidak menampik hal tersebut bahkan membenarkan.

Baca juga:   Pendamping Dandes Berulah, 72 Kampung Belum Masukan SPJ TA 2017

“Benar ketika mengambil uang di Bank saya bersama bendahara kampung. Selanjutnya uang saya bawah ke rumah. Saya tidak melibatkan bendahara ketika melakukan belanja modal karena yang bersangkutan berada di Manado. Sedangkan pembayaran upah kerja tidak melibatkan Bendahara disebabkan bendahara akan mengundurkan diri, jelas Suku.

Suku juga menyatakan bahwa dirinya akan segera mengganti bendahara yang ada sekarang dengan yang baru.

“Saya akan menunggu surat pengunduran diri dari bendahara untuk segera menggantikan dengan yang baru,” imbuhnya sambil menambahkan bahwa pergantian bendahara sudah sejak lama akan dilakukan, namun terhalang dengan keterlanjuran pembayaran honor bendahara hingga Agustus 2017 sehingga menjadi kendala pergantian.

Camat Tabukan Tengah Alexander Kakampu ketika dihubungi terpisah juga menyatakan bahwa selama ini perihal penyampaian Pjs Kapitalaung Sensong bahwa bendahara ke luar daerah ketika pembelajaan modal tidak benar.

“Saya sudah memanggil Pjs Kapitalaung Sensong dan mengingatkan pengelolaan Dandes agar sesuai ketentuan yang berlaku dan melibatkan semua aparat dan masyarakat kampung,” singkat Kakampu.

Baca juga:   1.500-an Warga Talaud Siap Sukseskan Pemecahan Rekor Gemu Famire

(sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *