Data Nelayan Belum Valid, Wabup Perintahkan Camat-Kapitalaung

oleh -147 Dilihat
Helmud Hontong.

TAHUNA- Belum maksimalnya kinerja Camat dan Kapitalaung di Kabupaten Sangihe terkait dengan pendataan jumlah nelayan yang valid, membuat Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE mengambil langkah tegas.

Buktinya melalui surat edaran nomor 523/22/1588, Hontong meminta dengan tegas untuk Camat dan Kapitalaung agar segera melakukan pendataan kembali secara valid.

Hal ini selain untuk merangkul data base jumlah nelayan juga dalam kaitannya menunjang menunjang visi pemerintah dan masyarakat yaitu ‘Kepulauan Sangihe Sebagai Daerah Perbatasan NKRI, Gerbang Maritim Indonesia Yang Maju, Sejahtera dan Mandiri’.

Dalam surat edaran yang sifatnya penegasan tersebut, Hontong mendesak sikap proaktif Camat dan Kapitalaung agar membantu instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sangihe untuk melakukan data base nelayan dengan valid.

“Data base nelayan yang valid tentunya sangat kita butuhkan dalam menunjang program pemerintah. Sehingga Camat dan Kapitalaung punya peran aktif dalam pendataan. Dan pendataan yang harus dilakukan benar-benar data real dilapangan bukan dari belakang meja saja,” ujar Hontongbketika dihubungi sulutaktual.com.

Mantan anggota DPRD Sangihe dua periode ini juga menyatakan perihal fakta dilapangan yang paling tau persis adalah Camat dan Kapitalaung.

“Disini peran Camat dan Kapitalaung sangat urgen untuk mendampinggi petugas DKP dalam pendataan, sehingga outputnya didapatkan data base yang akurat”, ujar Hontong kembali.

Disisi lain Embo Helmud sapaan akrab Hontong juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam melaporkan diri ke petugas pendata dari DKP maupun Camat dan Kapitalaung.

“Sikap proaktif masyarakat juga sangat diharapkan melaporkan diri untuk didata, sehingga upaya pendataan dan data base valid akan benar-benar didapatkan guna  program pemerintah yang nantinya tepat sasaran dalam kaitannya peningkatan taraf hidup dan perekonomian nelayan itu sendiri,” imbuhnya.

(sam)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.