Jelang Idul Adha Dispertanak Bolmong Periksa Kelayakan Hewan Kurban

oleh
Taufik Mokoginta.

BOLMONG–Mulai Selasa hari ini (29/08/2017), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menjamin layak tidaknya daging kurban yang bakal di konsumsi masyarakat di perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh tepat pada, Jum’at (01/09/2017) pekan ini.

Jaminan ini dinyatakan setelah Pemkab Bolmong melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) melakukan pemeriksaan untuk seluruh hewan kurban yang akan diperjual belikan oleh pedagang musiman disejumlah wilayah Bolmong.

“Kita pastikan dulu apakah semua hewan kurban yang mulai dijual bisa di sembelih dan di konsumsi atau tidak. Ini sudah tugas pemerintah untuk menjaga warga tetap dalam kenyamanan dan keamanan,” ungkap Kepala Dispertanak Bolmong Taufik Mokoginta Selasa, (28/08/2017).

Lanjutnya, pihaknya sudah menyiapkan tenaga medis khusus hewan peternakan untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

“Kita sudah bagi empat tim. Semua wilayah terkhusus tempat jual beli hewan kurban menjadi tempat pengambilan sampel pemeriksaan,” ujarnya.

Ditambahkan, langkah ini dilakukan agar nantinya warga terhindar dari ancaman penyakit menular yang dibawa oleh ternak yang tidak sehat.

Baca juga:   Pasca Kehilangan Alat Perekam, Pelayanan Disdukcapil Bolmong Kembali Normal

“Jika ada yang ditemukan, tentu saja kita sarankan untuk tidak dijual atau disembelih. Layak atau tidaknya itu nanti dilihat dari hasil pemeriksaan, yang pasti ancaman penyakit antrax, cacing hati dan cacing pita,” tutupnya.

(Nawi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.