Difasilitasi Unsrat, Pameran Peluang Bea Siswa ke Uni Eropa

oleh

MANADO – Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) khususnya bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri terutama di negara-negara Uni Eropa.

Difasilitasi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akhir pekan lalu digelar European Union Indonesia Scholarship Information Day yang digelar di Auditorium Unsrat, Sabtu (12/08/2017).

Pameran tersebut adalah untuk menginformasikan kepada pelajar Sulut tentang beasiswa untuk lanjut studi dari Uni Eropa.

Dikatakan, Programme Officer Eropa, Destriani Nugroho, tujuan utama dari pameran adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat Kota Manado dan sekitarnya tentang peluang beasiswa dari negara-negara anggota Uni Eropa.

“Saat ini ada 1700 beasiswa yang diberikan Uni Eropa dan Negara anggotanya untuk diberikan kepada pelajar-pelajar Indonesia,” ujarnya

Lanjut destriani, tapi informasi tersebut hanya diketahui umumnya oleh mereka yang ada di sekitar Jakarta dan sekitarnya.

“Untuk itu berdasarkan hasil kunjungan Duta Besar (Dubes) Uni Eropa ke Unsrat, kita mengadakan pameran beasiswa ini di Manado agar supaya lebih banyak pelajar di Sulut yang mengetahui peluang beasiswa tersebut,” tukasnya.

Ditambahkannya, bahwa ada juga beasiswa dari pemerintah Uni Eropa lainnya yaitu sebanyak 2300 beasiswa, jadi setiap tahunnya lebih dari 4000 mahasiswa Indonesia yang belajar di Eropa.

Baca juga:   Buka Naskah UN, Bupati Support Siswa

Untuk syarat lanjut studi di Uni Eropa, lanjut Destriani, kalau untuk S2 syarat utamanya adalah bahasa Inggris, kemudian sudah lulus S1 dan ijazahnya diikut sertakan juga, dan harus ada surat motivasi yang menerangkan apa kira-kira keinginan seseorang untuk menempuh pendidikan S2, mengapa dia ingin mengambil program S2, tujuannya apa, nanti setelah lulus apa yang akan ia lakukan.

“Syarat selanjutnya, harus ada surat rekomendasi, jadi bagi mereka yang belum bekerja rekomendasinya ada dua yaitu dari dosen,” paparnya sembari berharap agar pelajar Sulut bisa mendapatkan beasiswa dari Uni Eropa ini.

Sementara itu, salah satu dosen Unsrat, Wiske Rotinsulu, sangat mengapresiasi dengan kerjasama yang terjalin ini. Dirinya pun bangga, karena pada saat pameran berlangsung, ratusan pelajar dan mahasiswa di Sulut sangat antusias menghadiri pameran tersebut.

(Yunita)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.