DPRD Sangihe Gelar Paripurna Pertanggung Jawaban APBD 2016

oleh
Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE ketika membacakan pengantar Ranperda pertanggungjawaban pengelolaan anggaran tahun anggaran 2016 pada Rapat Paripurna DPRD.

TAHUNA – DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama mitra kerja eksekutif menggelar rapat paripurna pertanggung jawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2016.

Rapat yang digelar, Kamis (10/8/2017) diawali dengan penyampaian pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2016 oleh Wakil Bupati Helmud Hontong SE, yang diataranya memberikan apresiasi serta penghargaan terhadap DPRD yang telah melaksanakan rapat pertanggung jawaban APBD 2016.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD, Benhur Takasihaeng serta dihadiri Sekda Edwin Roring SE,ME beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sempat diskors sekitar dua jam yang kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00 wita dengan agenda pemandangan umum fraksi.

Sementara pada rapat lanjutan pemandangan umum fraksi, enam fraksi di DPRD Sangihe semuanya menyetujui agenda pembahasan dilanjutkan pada tahapan selanjutnya dengan sejumlah catatan.

Sejumlah fraksi juga memberikan apresiasi kepada Eksekutif yang mampu mempercepat proses pembahasan ranperda pertanggung jawaban APBD, termasuk berharap prestasi yang telah diraih, seperti opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mampu dipertahankan. Juga terpantau pemandangan umum Fraksi Gabungan yang dibacakan Legislator Arsyad Lawendatu, turut memberikan apresiasi terkait progress pendapatan asli daerah (PAD) dengan capaian prosentasi 95,75 persen, sekaligus meminta penjelasan terkait capain penerimaan pajak daerah dengan progress 74,71 persen serta penerimaan pengelolaan hasil kekayaan daerah yang dipisakan dengan capaian 50,77 persen.

Baca juga:   Program ODSK Bidang Kesehatan Jangkau Warga Miangas

Ketua DPRD Benhur Takasiheng ditemui disela-sela rapat mengatakan, terhadap sejumlah catatan oleh masing-masing fraksi, dilanjutkan dengan tambahan penjelasan oleh Eksekutif, akan dipacu pembahasannya agar bisa selesai sesuai dengan tahapan.

(sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.