Unsrat Terima Bantuan IDB

oleh
Ellen Kumaat.

MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akan segera memiliki gedung perkuliahan baru yang di targetkan selesai pada tahun 2018. Pembangunan gedung baru ini mendapat bantuan pendanaan oleh Islamic Bank Development (IDB) melalui proyek 7 In 1.

“Proyek IDB 7 In 1 Unsrat telah berlangsung sejak April 2014 secara serentak di 7 Universitas di Indonesia. Bagi Unsrat sendiri hingga tahun yang ke-3 telah berdampak signifikan terhadap atmosfir akademik yang terlihat jelas semakin meningkat,” ujar Rektor Kumaat.

Selanjutnya, Rektor mengatakan, dana yang di alokasikan guna peningkatan kualitas non Degree Training, hasil dimanfaatkan 100% oleh staf pendidik dan kependidikan yang diseleksi di unit kerja masing-masing. Berdasarkan kebutuhan-kebutuhan prioritas seperti peningkatan Akreditasi, baik laboratorium maupun program studi.

Disamping itu, melalui program inipun, agenda strategis Universitas seperti pengolahan status keuangan, sebagai badan layanan umum telah terakomodasi dengan baik, yaitu melalui latihan peningkatan kualitas sumber daya manusia di beberapa perguruan tinggi, yang telah berhasil mengimplementasikan pengelolaan keuangan badan layanan umum.

“Manfaat lainnya, kami telah melakukan pengembangan kurikulum secara serentak diseluruh prodi yang ada, tidak hanya di fakultas-fakultas yang semula ditargetkan, tetapi merata di semua fakultas yang ikut serta dalam muskrema tersebut,” ucap Rektor.

Hal ini seturut dengan perkembangan terakhir, yang telah disesuaikan dengan standart nasional pendidikan tinggi.

Baca juga:   H Amir Liputo serap Aspirasi Masyarakat Tuna Netra Manado

Sekalipun berada dalam skema IDB, namun pelaksanaannya adalah lembaga teknis yang berkompoten dan berwenang yang adalah LP3.

Demikian pula dengan riset publikasi dan hak atas kekayaan intelektual. Dalam hal ini, IDB sebagai fasilitator dana namun, implementasinya berkordinasi dengan LPPM Unsrat.

Dengan periode selama 16 bulan, maka pada akhir November 2018 gedung-gedung yang baru, IDB proyek 7 In 1 ini menurut rencana akan dapat dipergunakan dengan penuh tanggung jawab.

(Yunita)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *