Kepsek Lendo: Setiap Guru Harus Jadi Contoh dan Teladan Siswa

oleh
Jooke M Lendo, Spd, MSi.

MANADO- Pendidikan karakter siswa dan guru sangat penting dengan mengacu pada lima nilai utama karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

Hal ini dikatakan Kepala Sekolah SD Negeri 12 Manado, Jooke M Lendo, Spd, MSi saat ditemui Sulutaktual. com di sekolahnya, Kamis (20/07/2017) pagi tadi.

“Proses pembelajaran K-13 merencanakan timatik terpadu dengan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dan melaksanakan program literasi sekolah,”ujar Lendo.

Instruktur Kurikulum 13 (K-13) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini menambahkan, proses pembelajaran K-13, pemerintah semakin memantapkan diri menerapkan Kurikulum 13. Bahkan, ditargetkan pada 2019 seluruh sekolah di Indonesia tanpa terkecuali menerapkan K-13 yang sudah direvisi pemerintah.

“Setiap guru di tuntut jadi contoh dan teladan bagi para siswa dengan menerapkan berkarakter baik pada diri sendiri, setelah itu baru kepada para siswa,” kata Lendo.

Lanjutnya, 70 persen penilaian K-13 ini tertuju pada sikap, sisanya pengetahuan dan keterampilan serta kurikulum yang menjalankan 8 jam bekerja bagi para guru, serta memacu minat baca dan menulis siswa untuk membentuk kepribadian mereka menjadi lebih berpotensi.

“Pendidikan karakter masuk pada program kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Nawacita ke 8,” tutupnya.

Ditambahkan Lendo, ini menjadi suatu tantangan guru dan siswa di abad 21 kedepan, dimana guru dan siswa berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi.

Baca juga:   Praysira Tampi, Satu-satunya Siswi SMP Asal Sulut Pukau Juri Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

(Yunita)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *