Hindari Tradisi Perpeloncoan, SMAN 9 Manado Selenggarakan MPLS

oleh
SMA Negeri 9 Manado mengadakan MPLS untuk siswa baru.

MANADO – SMA Negeri 9 Manado menyambut peserta didik baru dengan mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 Juli 2017.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yaitu mengenal lebih jauh bagaimana karakteristik sekolah tersebut. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bukan ajang perpeloncoan atau yang lebih sering dikenal ‘Bullying.’

“Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah,” ujar Drs Joppie Kandoj, Wakil Kepala Sekolah SMA 9 Manado di hadapan para peserta didik baru kelas X tahun ajaran 2017/2018.

Dalam hal ini MPLS harus menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik.

Kegiatan MPLS di SMA 9 Manado dilibatkan oleh guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan.

Baca juga:   11 Siswa Minut Absen UAS

Tujuan diadakan MPLS diantaranya memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, serta menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Seluruh calon peserta didik baru sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS di SMA Negeri 9, terlihat mereka mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun.

“Kegiatan MPLS di SMAN 9 sangat menarik, karena informasi-informasi yang disampaikan tidak membuat kita bosan ditambah tiap materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan membuat kita makin semangat” ujar Putri salah satu calon peserta didik baru.

Tiba saatnya peserta MPLS untuk di resmikan sebagai siswa di SMA Negeri 9 Manado, kegiatan tersebut ditutup dengan apel sebagai lambang bahwa mereka sudah resmi dan siap diterima menjadi warga di SMA Negeri 9 Manado.

Baca juga:   Model Sistem Perilaku Berkontribusi Positif Dalam Keperawatan

(Yunita)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *