Disaksikan Walikota GSVL, seluruh OPD tandatangani Pakta Integritas anti korupsi

oleh

MANADO- Di ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Manado dilaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas dan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Manado, Kamis (13/7/2017) pagi tadi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Fungsional PJKAKI KPK RI, Nanang Farid Syam sekaligus sebagai narasumber dalam sosialisasi. Ratusan peserta yang hadir mulai pejabat Eselon II s.d Lurah se Kota Manado turut hadir guna menandatangani Pakta Integritas tersebut.

Dalam Sambutannya, Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL) menegaskan tekadnya untuk berkomitmen membangun Manado dengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, dengan melakukan pembenahan internal demi mencapai good Government.

Saat ini Walikota juga sudah melakukan pengisian LHKPN bagi seluruh pejabatnya termasuk para PPK.

“Kami juga berupaya menghadirkan pelayanan cerdas command center guna mempermudah pelayanan terhadap masyarakat secara cepat. Selain itu kami juga didampingi oleh Ombudsman terhadap semua Dinas dengan penilaian yang cukup baik,” jelas GSVL.

Dikesempatan yang sama, dalam Sosialisasinya Nanang Farid Syam menyampaikan tema sosialisasi Membangun pemerintahan yang bersih, No Korupsi No Pungli, selanjutnya sebagai Garda terdepan pelayanan publik yaitu para Lurah dan Camat harus senantiasa mendukung pemerintahan.

“Pakta Integritas yang akan dilaksanakan nanti bukan hanya SKPD, satker dan PPK namun seluruh Camat dan Lurah untuk menjadikan Manado Cerdas anti korupsi,” ungkap Nanang.

Hampir 80% kegiatan KPK adalah sosialisasi, namun trend dan modus korupsi justru meningkat. Kewenangan KPK adalah penyelidikan, penyidikan, pencegahan, penindakan dan monitoring. Namun semua yang kita lakukan kembali lagi kepada pemerintah selaku pelayan masyarakat yang mengelola anggaran. Hampir 700 orang penyelenggara pemerintahan, legislatif yang sudah tertangkap sejak KPK berdiri.

Baca juga:   Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI & Polri, Tiba di Manado

Menurut Nanang yang sudah banyak mengunjungi kota kota di Indonesia bahwa di Manado, hubungan DPRD dengan Pemkot cukup bagus tidak seperti di daerah lain yang seperti “KPK dan DPR” yang berantem terus.

Setelah sosialisasi dilaksanakan maka dilanjutkan penandatanganan Pakta Integritas yang diawali dari para Staf Ahli Walikota berturut turut sampai seluruh para Camat se Manado menandatanganinya. Diharapkan dengan penandatangan Pakta ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Manado apalagi di usianya yang sudah menginjak 394 tahun ini.

(Ferdian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *