Dishub Minut Periksa Kelayakan Angkutan Umum

oleh
Dishub Minut menggelar Ramp Check kendaraan umum jelang Idul Fitri.

MINUT – Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melaksanakan pemeriksaan kelayakan kendaraan (Ramp Check) mobil angkutan umum, yang dilaksanakan guna menyongsong Idul Fitri tahun 2017 (1438 H), Rabu (14/06/2017).

Kepala Dishub Minut Hanny Tambani saat ditemui mengatakan, ramp check akan dilakukan untuk menjaga keselamatan perjalanan masyarakat, khususnya pengguna angkutan umum.

“Pertama kami lakukan Ramp Check di Terminal Kauditan, dalam rangka keselamatan lalu lintas angkutan menjelang Idul Fitri. Targetnya, seluruh angkutan umum yang ada di Minut sekaligus mendata kembali jumlah angkutan umum yang ada,” kata Tambani.

Hanny menjelaskan Ramp Check dilaksanakan berdasarkan Instruksi Menteri Perhubungan  No IM. 20 Tahun 2017 tentang pemeriksaan kelayakan sarana transportasi selama priode penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2017.

Ramp Check difokuskan pada tiga unsur penting, yakni administrasi, teknis dan penunjang. Dan unsur administrasi meliputi SIM, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pegawai.

Baca juga:   Pasar Sukur dan Kauditan Resmi Beroperasi Kembali

Dilanjutkannya, Kemudian unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. Untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (speedometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

“Semuanya akan dicek. Banyak yang tak miliki dongkrak dan ban cadangan. Alasannya karena dipinjam teman. Tentunya jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang, baru boleh beroperasi,” tegasnya

(Marvil Kembuan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *