Segera Dilaunching: Aplikasi e-Puskesmas Manado

oleh -163 Dilihat
Erwin Kontu.

MANADO – Memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Manado sudah merupakan program kerja dari Pemkot Manado. Pelayanan kesehatan melalui Puskesmas semakin ditingkatkan, baik sarana maupun prasarana.

Dalamewujudkan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi warga Manado, segera hadir di Kota Manado sistem pelayanan puskesmas berbasis teknologi, yang disebut e-Puskesmas.

“Pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat yang diusung Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, dalam waktu dekat segera dimaksimalkan. Nah, terbaru Pemerintah Kota (Pemkot) menyiapkan program layanan e-Puskesmas. Dimana, aplikasi ini akan bekerja maksimal dengan aliran informasi ter-update untuk melayani masyarakat Manado. Sehingga, warga tidak perlu khawatir lagi mengenai pelayanan kesehatan,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu, Kamis (8/6/2017).

Lanjutnya, dalam dua pekan mendatang e-Puskesmas segera dilaunching bekerjasama dengan Telkom maupun BPJS. Yang mana, sambil menunggu kegiatan, beberapa waktu ke depan dimaksimalkan untuk pengisian data peserta BPJS dalam data base e-Puskesmas. Sehingga pelayanan kesehatan dapat maksimal dilakukan.

“Intinya, dengan adanya e-Puskesmas maka pelayanan kesehatan kepada warga semakin dimaksimalkan. Yang mana, terkait pendataan akan lebih baik. Pelayanan pasien yang terdaftar layanan gratis dan berbagai layanan lainnya semakin memudahkan warga. Sehingga, dikeluarkan aplikasi tersebut, diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) petugas dilapangan lebih maksimal dan memberi diri dalam pelayanan, serta terciptanya suasana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang ada,” terang Kontu.

Terpisah, Wakil Wali (Wawali) Kota Manado Mor Dominus Bastiaan mengatakan setelah Universal Coverage (UC) diintegrasikan ke BPJS Kesehatan, pelayanannya semakin mudah dengan adanya e-Puskemas. Dimana, aplikasi ini merupakan tools berbasis website dan terintegrasi dengan aplikasi mobile.

“Nantinya e-Puskesmas akan mengakomodir berbagai jenis pelaporan. Kemudian memiliki 12 fitur layanan, terintegrasi ke BPJS Kesehatan, dan melayani pendaftaran layanan melalui SMS. Dimana, selain mempermudah dengan akses internet, juga menjangkau pelayanan di 16 puskesmas, sampai ke Bunaken Kepulauan dan Kelurahan Tongkaina. Bisa juga, untuk mengakses aplikasi tersebut bisa dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Manado dan Cerdas Command Center,” tukas Wawali.

(Budi/tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.