Disentil Soal Pohon Jalan Tak Terawat, Waworuntu Janji Segera Turlap

oleh
Yohannes Waworuntu.

MANADO – Tugas pengawasan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, terbilang cukup memprihatinkan. Pasalnya, banyak pohon di sepanjang jalan sudah tidak terawat lagi. Buktinya, beberapa pohon ditemui sudah menghalangi faslitas penerangan jalan raya, salah satunya di Kelurahan Pakowa, samping Asrama TNI. Kondisi ini membuat jalan sekitar lokasi tersebut gelap seperti tanpa ada faslitas penerangan.

“DLH harus proaktif dalam melakukan pengawasan. Terutama mengenai masalah pohon yang sudah terawat, tentunya harus ada perhatian khusus karena menghalangi fasilitas penerangan yang justru merugikan warga dan pengguna jalan. Sebab itu, dimintakan agar ada kesadaran untuk tidak berdiam diri, dan rutin melakukan pengawasan terhadap pohon-pohon yang seharusnya ada tindakan perawatan,” tukas Sekretaris Komisi A DPRD Kota Manado Hengky Kawalo, Selasa (6/6/2017) siang.

Lanjutnya, bila pohon tersebut dibiarkan pastinya sangat merugikan warga dan para pengendara sebagai pengguna jalan. Sebab, rata-rata pohon di Kota Manado harus ada pergantian. Kemudian lainnya sudah merusak jalan, trotoar, bahkan membahayakan para pengguna jalan.

“Bukan saja terkait pohon yang mengganggu fasilitas penerangan, tapi pohon yang dinilai membahayakan harus dipangkas atau ditebang. Hal ini dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan warga yang beraktivitas dilokasi tersebut,” terang Kawalo.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Yohanis Waworuntu mengatakan segera melakukan peninjauan ke lokasi yang dimaksud.

Baca juga:   Liny Tambajong Jadi Narasumber Sosialisasi Permasalahan Penanganan Sampah Perkotaan

“Terima kasih untuk informasi yang disampaikan, dan akan segera untuk turun lapangan melakukan pemangkasan terkait pohon seperti yang dikeluhkan warga sekitar. Yang mana, saat ini juga tim DLH turut serius menangani persoalan pohon yang berada disepanjang jalan di Kota Manado,” pungkas Waworuntu.

(Budi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *