Kontu: Pemkot Manado Aman dari ‘WannaCry’

oleh -86 Dilihat

MANADO – Serangan Malware terhadap website kembali terjadi. Pemerintah RI melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan surat nomor : 55/HM/KOMINFO/05/2017, tentang Imbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware Khususnya Ransomware Jenis WannaCRY.

Di kota Manado sendiri, Walikota Manado, DR, Ir, GS, Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA saat dikonfirmasi melalui Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Plt. Kadis Kominfo) kota Manado, Erwin S. Kontu, SH menegaskan untuk di lingkungan Pemerintah Kota Manado belum ada laporan.

“Diskominfo Manado belum mendapatkan laporan terkait serangan Malware ini. Baik itu dari website milik Pemkot Manado maupun dari OPD. Jadi bisa saya katakan masih aman dari gangguan malware tersebut,” jelas Kontu, Selasa (16/05/2017) siang tadi.

Lanjutnya, Pemkot Manado sudah mengambil langkah pencegahan dengan mengantisipasi terlebih dahulu akan adanya serangan virus ataupun malware pada website milik Pemkot Manado ataupun milik OPD.

“Pemkot sudah terlebih dahulu melakukan antisipasi. Kami melakukan sesuai surat imbauan Kementerian Kominfo,” ungkapnya.

Terkait fasilitas aplikasi di Cerdas Command Center (C3), Kontu juga memastikan aman ancaman Malware khususnya Ransomware jenis WannaCRY.

“Kemarin, C3 kita non aktifkan hanya setengah hari. Mengikuti imbauan Kominfo. Tapi saat ini sudah aktif seperti sediakala,” terangnya.

Lebih lanjut, Kontu juga mengungkapkan, untuk mengantisipasi hal yang sama di kemudian hari, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

“Untuk antisipasi kejadian yang sama, saat ini Pemkot Manado sudah menjalin kerjasama dengan Lemsaneg. Jadi sejauh ini, fasilitas internet di Pemkot Manado tidak terdampak dan aman, termasuk fasilitas C3. Sudah bisa digunakan kembali seperti semula sejak kemarin siang,” kuncinya.

Untuk diketahui, Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru ini disebut Wannacry.

Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut.

(Budi/tim)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.