Penuhi Rekomendasi Andalalin, Pemilik RM Afisha Segera Siapkan Lahan Parkir

oleh
M.Sofyan

MANADO- Pemberitaan mengenai beroperasinya Rumah Makan (RM) Afisha sempat menjadi polemik, terkait dengan belum tersedianya lahan parkir bagi pengunjung RM Afisha terus bergulir. Banyak pihak yang mempersoalkan kelengkapan perijinan usaha RM Afisha termasuk rekomendasi Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin).

Plt Kepala Dinas Perhubungan M.Sofyan saat dihubungi sulutaktual.com lewat ponselnya mengatakan bahwa rekomendasi Andalalin sebenarnya telah dikeluarkan dari tim teknis di Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) akan tetapi perlu adanya evaluasi lagi.

“Perlu adanya evaluasi kembali soal rekomendasi andalalin tersebut. Ada hal yang belum dipenuhi pihak pengusaha terkait rekomendasi andalalin-nya, yakni ketersediaannya lahan parkir. Hal ini sudah sesuai dengan Permenhub no 75 tahun 2015 pasal 9 tentang Dokumen hasil Andalalin,” jelas Sofyan.

Lanjutnya, masalah terkait perijinan usaha bukanlah wewenang Dishub, itu menjadi wewenang Dinas PM-PTSP. Pihak kami (Dishub) hanya mengevaluasi kelayakan tempat usaha ditinjau dari sisi pengaturan lalu lintasnya termasuk tersedianya lahan parkir kendaraan.

Baca juga:   Berebut Jalan dengan Para “Transformer”

(Baca juga: Nangoy: Perijinan RM Afisha Sedang Berproses)

“Ini agar bisa dipahami oleh banyak pihak. Dishub hanya mengevaluasi rekomendasi Andalalin saja. Kami tak punya wewenang untuk mengeluarkan ijin, terkait perijinannya adalah wewenang Dinas PM-PTSP,” jelas Sofyan.

Sempat terbersit kabar bahwa pihak pengusaha sedang mengusahakan tempat parkir khusus bagi pengunjung RM Afisha. Hal ini disambut positif pihak Dishub Kota Manado.

“Hal ini menunjukkan bahwa adanya itikad baik dari pemilik usaha untuk melengkapi evaluasi rekomendasi Andalalin-nya. Pihak pengusaha mau bekerjasama dalam melengkapi segala perijinan usahanya. Hal ini patut diapresiasi dan tentu saja perlu dibantu,” ujar Kadis yang lulusan STPDN ini.

Ihsa Wakid, pemilik RM Afisha saat ditemui Sulutaktual.com di tempat usahanya mengatakan bahwa, pihaknya telah mengikuti segala aturan yang ditetapkan. Dan telah mengurus semua perijinan yang ada. Terkait dengan rekomendasi Andalalin atas ketersediaan lahan parkir bagi pengunjung RM Afisha, Ihsa mengatakan sedang mempersiapkannya.

Baca juga:   Jelang Manado Fiesta 2018. Waworuntu: Tolong Dijaga Laut dan Sungai Tetap Bersih
Hi. Isha Wakid
Hi. Isha Wakid

” Kami akan mempersiapkan lahan parkir khusus bagi pengunjung RM Afisha. Hal ini sesuai dengan hasil evaluasi rekomendasi Andalalin. Saya akan bekerjasama dengan pihak terkait dalam pengurusan segala perijinannya,” beber Wakid.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *