Informasi BMKG Segera Hadir di C3

oleh
Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat menandatangani MoU dengan BMKG.

MANADO- Untuk meningkatkan pelayanan warga Kota Manado, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, tak henti-hentinya melakukan pengembangan pusat informasi Kota Manado, Cerdas Command Center (C3).

Terkait dengan ini, untuk mendapatkan akses informasi yang lebih akurat terkait Iklim, Cuaca, tsunami, serta kondisi alam di Kota Manado, Pemkot Manado melakukan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan informasi publik dibidang meteorologi, klimatologi dan geofisika untuk Command Center Pemkot Manado dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat Selasa (25/04/2017) pagi tadi di Ballroom Krakatau Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Dalam acara Rapat Koordinasi (Rakornas) BMKG 2017 yang mengangkat tema Penguatan Sistem Sumber Daya MKG Menuju BMKG Kelas Dunia, Walikota GSVL dan Kepala BMKG Pusat Dr Andi Eka Sakya MEng, melakukan penandatanganan kerjasama dibidang informasi yang berkaitan dengan BMKG.

Baca juga:   Kunjungan Dubes AS ke Sulut, Diuandang Sarapan Pagi ke Rudis Wali Kota Manado

Delapan point yang disepakati dalam MoU untuk disebarluaskan melalui Cerdas Command Center Manado tersebut, diantaranya informasi prakiraan cuaca, informasi cuaca ektreem, informasi tinggi gelombang laut, informasi cuaca pelayaran, informasi kejadian gempa bumi, informasi peringatan dini tsunami, informasi rukyat/hilal dan gerhana serta informasi petir.

Walikota GSVL usai penandatanganan MoU mengatakan untuk mendukung kerjasama tersebut Pemkot Manado dan BMKG akan membentuk Tim Bersama yang akan mengolah data di Command Center Manado.

“Kerjasama ini merupakan terobosan kami dalam menghadirkan Cerdas Command Center yang lebih akurat dalam penyampaian informasi menyangkut cuaca, iklim dan sebagainya. Meski demkian, kita semua harus berdoa agar Kota Manado diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari musibah bencana alam dan lain sebagainya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, berharap dengan kerjasama yang dilakukan antara BMKG dan Pemkot Manado, akan mempercepat informasi sekaligus meminimalisr dampak yang dtimbulkan manakala terjadi bencana.

“Saya berharap kerjasama ini akan meningkatkan percepatan informasi terkait iklim, cuaca, tsunami dan lainnya. Sehingga, dampak yang terjadi akibat bencana dapat diminimalisir,” tukas Menhub.

Walikota GSVL sendiri turut didampingi Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SE, Kabag Humas Pemerintahan Steven Runtuwene SSos, dan Kabid Santel Drs Noldy Kilapong.

Baca juga:   Bersama Poktan Bina Swadaya Mandiri, Wali kota GSVL Tanam Kedelai

(budi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *