Pemkab Bekasi ‘Belajar’ di Pemkot Manado

oleh
Tukar menukar cinderamata Pemkot Manado yang diwakili Wawali Mor Bastian dengan Pemkab Bekasi dengan Bupati dr Hj Neneng Yasin.

MANADO- Lajunya perkembangan pembangunan di Kota Manado dalam segala hal, menjadikanKota Manado kerap kali menjadi tujuan “Belajar” bagi pemerintah daerah lain di Indonesia. Hal ini terbukti dengan kunjungan Pemerintah Bekasi Ke Kota Manado.

Pemkab Bekasi, Provinsi Jawa Barat, yang dipimpin Bupati dr Hj Neneng Yasin, mendatangi kantor Walikota Manado untuk ‘belajar’ tentang pengaturan tapal batas, rupa bumi dan perijinan. Kedatangan Pemkab Bekasi ke kantor pusat pemerintahan di Manado itu, Rabu (12/04/17) pagi tadi di ruang Serbaguna, setelah mendapat informasi jika Kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, memiliki pengaturan administrasi pemerintahan yang baik. Rombongan yang terdiri dari Bupati Bekasi, Asisten I dan para pejabat Eselon II, III, IV serta 23 Camat tersebut diterima Wawali Mor.

Dalam kesempatan itu, Wawali Mor memaparkan visi dan misi Kota Manado yakni menjadikan kota ini sebagai Kota CERDAS. Selain itu, Wawali Mor juga memberikan tips dalam memaksimalkan pengaturan administrasi memilah batas kelurahan dan Kecamatan.

Baca juga:   Optimalkan Media KIE Kelanjutusiaan, BKKBN Sulut Beri Perhatian Isu Penduduk Lansia

“Ini harus dilaksanakan dengan teratur dan terstruktur mengikuti peraturan yang berlaku, bahkan perijinan satu pintu dengan sistem online dan tanpa pungutan liar atau pungli,” tukasnya.
Disamping itu, meski tidak mendapat Adipura, namun dirinya bersama Walikota GSVL, tetap menjaga Kota Manado agar tampak bersih dengan melibatkan semua komponen masyarakat.

“Strategi membuat Manado menjadi bersih, yakni dengan mengajak dan melibatkan masyarakat untuk tetap menjadikan Kota Manado bersih, meskipun tanpa mentargetkan Adipura. Karena Adipura bukan tujuan utama, tapi kebersihan yang harus selalu dijaga membuat kota nyaman dan indah,” tukas Wawali Mor, seraya menambahkan, setiap Jumat diadakan kegiatan ‘Jumpa Berlian’ yakni Jumat Pagi Bersih Lingkungan Anda.

Tampak hadir mendampingi Wawali Mor, Asisten Pemerintahan dan Kesra Micler Lakat SH M, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH serta para kepala Perangkat Daerah terkait. Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata antara kedua belah pihak.

Baca juga:   Sekira 240 Relawan Satgas Covid-19 Tingkat Lingkungan se-Kecamatan Tuminting Dilantik

(ebs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *