Wabup Lengkong Hadiri Tulude di Bulo

oleh
Pesta Adat Tulude di Desa Bulo Kecamatan Wori dihadiri Wabup Minut Joppy Lengkong.

MINUT- Bertempat di gereja GMIM Betel Desa Bulo Kecamatan Wori, Jumat (10/2/2017) diadakan pesta adat Nusa Utara yang biasa disebut Tulude.

Pesta adat ini sendiri dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur atas penyertaan Tuhan sepanjang tahun yang baru lewat dan memohon doa akan penyertaan Tuhan untuk memasuki tahun yang baru.

Itulah yang mendasari bagi masyarakat dari Sangihe yang merupakan wujud dari rasa bersyukur atas penyertaan dari sang pencipta demikian disampaikan  Wakil Bupati Ir. Joppi Lengkong ditengah sela-sela pagelaran pesta ada tulude di desa bulo.

Wabup Joppi Lengkong menghadiri Tulude di Kecamatan Likupang Barat.
Wabup Joppi Lengkong menghadiri Tulude di Kecamatan Likupang Barat.

Wabup Minut Ir Joppi Lengkong pada kesempatan tersebut sangat bersyukur karena masyarakat Nusa Utara selalu melakukan kegiatan kebudayaan. Minut kaya akan budaya disamping budaya Tonsea juga ada budaya Sangihe maka dari itu diharapkan selalu memelihara akan budaya yang ada sehingga ke depan akan diagendakan sebagai salah satu iven pariwisata andalan.

Baca juga:   Dibandrol 3 M, LSM Minta Dekab dan Dikpora Minut Transparan Soal DAK

“Upacara adat Tulude merupakan warisan leluhur yang sangat menarik, khas, dan unik, yang tidak akan ditemukan di tempat lain di luar Sulawesi Utara,” tambah pnt joppi Sambil mengajak semua masyarakat untuk selalu dekat dengan sang pencipta yaitu Tuhan sendiri.

Sementara dalam acara tersebut diawali lewat ibadah syukur yang dilaksanakan di GMIM Betel Bulo ini khadim oleh pnt. Ibu Jeivi Lengkong Wijaya,STh.¬† Dalam khotbah yang diambil sesuai dengan menjabarkan trilogi pembangunan jemaat GMIM yaitu 2 tesalonika 3 : 6-15 dengan judul kerja adalah anugerah Tuhan. bekerja dan berdoa adalah sebuah kewajiban bagi umatnya,dengan meyakini bahwa Tuhan sudah memberikan talenta dan kesempatan sehingga siapapun manusia itu harus giat bekerja yang juga merupakan wujud iman kita. Doakan apa yg akan dikerjakan dan kerjakan apa yg telah didoakan…kerja amanat Tuhan utk kehidupan manusia di bumi ciptaanNya tambah pnt Jeivi yang juga ketua TP PKK Minut dan penasehat komisi remaja minut.

Baca juga:   Bupati Kukuhkan Pokmas Polres Minut

Hadir pada kesempatan tersebut mewakili gubernur sulut bpk Farly kotambunan,SE sebagai Karo organisasi Pemprov Sulut, anggota DPRD Minut Jantje Longdong, Kapolsek Wori Iptu Rudianto Simanjuntak, Hukum tua Desa Bulo Jermanikus Damare, tetuah adat Desa Bulo Amrafel  Pintoh. Sementara dari kalangan gereja hadir ketua BPMW wilayah Wori pdt Bartolino Umboh,MTh, Ketua BPMJ Betel Bulo pdt Stefi Rompas,STh.

(Marvil Kembuan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *