972 Kendaraan Dinas Wajib Dilaporkan

oleh
Robby Parengkuan.

MINUT- Badan Keuangan melalui bidang aset Kabupaten Minahasa Utara (Minut), segera bertindak menginventarisir aset milik pemerintah. Diketahui, beberapa waktu lalu usai serah terima jabatan (Sertijab).

Bupati Vonny Aneke Panambunan (VAP), memerintahkan semua kepala SKPD untuk segera melaporkan dan menyerahkan semua aset di SKPD lama yang dipimpinnya.

Hal ini, langsung direspon cepat. Kamis (27/01/2017) kemarin, dimulai dengan aset kendaraan dinas yang dilaporkan ke kantor Badan Keuangan Minut. Terdiri dari kendaraan semua jenis kendaraan dengan jumlah sekira 972 unit.

Kepala Bidang Aset Julius Mantiri mengatakan, ini dalam rangka penyesuaian terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

“Sebab dalam OPD yang baru, tentu belum memiliki kendaran dinas. Tentu ini untuk memfasilitasi agar semua OPD memiliki kendaraan dinas,” terangnya.

Sebab itu, semua kendaraan dinas wajib dilaporkan kembali. Lanjut Mantiri, saat dikonfirmasi baru sekira 11 SKPD yang melapor.

Baca juga:   Pemkab Minut Tandatangani MoU Dengan LAN RI Soal Laboratorium Inovasi

“Namun masih belum semua kendaraan dinas yang dilaporkan,” katanya, mengatakan baru sekira 25 persen dari total. “Dan semua SKPD sudah diberitahukan,” ujarnya.

Ini hasil tindak lanjut serah terima aset yang lalu. Dikatakan Kepala Badan Keuangan Robby Parengkuan, inventarisir kendaraan dinas ini untuk mencocokan data serah terima aset.

“Apakah sesuai dengan yang diserahterimakan waktu lalu. Hari ini (kemarin) kita pantau, apakah sesuai data dengan kondisi fisiknya,” terangnya. Kata Parengkuan, ini merupakan perintah langsung Bupati.

“Mengantisipasi serah terima kemarin, hanya dalam buku inventarisasi. Tetapi fisiknya tidak diserahkan,” ungkapnya, sembari mengatakan akan diverifikasi semua aset yang ada.

Lanjut Parengkuan, semua kendaraan dinas yang dilaporkan, akan langsung didata serta diberikan kepada pimpinan dinas terkait. Ketika terjadi perbedaan antara data dan fisik kendaraan, akan langsung dilaporkan ke Bupati.

“Akan diambil langkah, untuk menelusuri keberadaan kendaraan yang tidak diketahui,” terangnya. Selanjutnya, pihaknya akan melanjutkan inventarisasi di semua aset. “Kalau hari ini (kemarin), inventarisir kendaraan dinas. Nanti dilanjutkan dengan aset kelengkapan kantor dan lainnya,” tutup Parengkuan.

Baca juga:   Bupati VAP dan Menteri PUPR RI Menandatangani Perjanjian Kerja PAMSIMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *