Terima Dubes Philipina, Mantiri Harap Ekonomi Bitung Berkembang

oleh
Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri saat menerima Dubes Philipina Maria Limen Isleta, Kamis (19/1/2017)

BITUNG- Wakil Walikota Birung Ir. Maurits Mantiri, didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Malton Andalangi menerima langsung kunjungan dari Duta Besar Filipina di ruang rapat lantai lantai IV Kantor Pemerintah Kota Bitung, Kamis (19/1/2017).

Tujuan kedatangan Duta Besar Filipina Maria Limen B. Isleta ini adalah untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bitung  dalam hal akses jalur laut ekspor impor secara langsung dengan mengoperasionalkan kapal RoRo (Roll-On,Roll-Off) rute Bitung, Sulawesi Utara (Sulut)- General Santos City, Filpina. Jalur laut ini perlu dioptimalkan untuk meningkatkan arus barang dan penumpang di kedua wilayah. General Satos (GenSan) adalah pusat Perikanan terbesar yang ada di Filipina.

Dalam acara tersebut Mantiri menjelaskan tutorial kota Bitung kepada rombongan dari Filipina, dan bagaimana pengembangan perkembangan kota Bitung hingga saat ini.

“Mewakili Pemerintah Kota Bitung, saya sangat berterima kasih kepada Duta besar Filipina Maria Limen B. Isleta yang sudah datang untuk bekerjasama dalam bidang perekonomian melalui jalur laut yang ada di Kota Bitung, ini juga salah satu penunjang demi kemajuan perkembangan perekonomian Kota Bitung nantinya”, ujar  Mantiri.

Baca juga:   Luhut : Desa Di Pesisir Bakal Dapat Dandes Lebih Besar

Lanjutnya lagi, Mantiri menyampaikan, Percakapan pengusaha Indonesia khususnya yang ada di kota Bitung untuk pengenalan produk/barang bisnis, jalin komunikasi guna memantapkan launching kapal RORO rencana pada tanggal 27 April mendatang oleh Presiden Jokowi dan Presiden Duterte di Davao City Mindanao.

Dalam kesempatan itu juga, Duta Besar Filipina Maria Limen B. Isleta  menyampaikan bahwa dari pihak filipina akan serius bekerjasama dengan indonesia dalam membangun akses jalur laut yang ditujukan untuk pertukaran produk antar negara.

“Kami bersama-sama dengan rombongan datang untuk bekerjasama dengan sungguh-sungguh antara Indonesia dan Filpina dalam hal ini khususnya di Kota Bitung dan kedepannya untuk tetap stabil dalam bekerjasama”, Ucap Maria.

Selepas dari pertemuan itu, rombongan langsung ke Pelabuhan terminal penumpang dan Pelabuhan petikemas kota Bitung untuk peninjauan lokasi yang rencananya akan di berikan tempat untuk kapal RORO , dan rombongan tersebut didampingi oleh General Manager Termional Petikemas Bitung (TPB), Edy Nursewan.

Baca juga:   Pelantikan Pengurus DPD LMI Bitung Berjalan Lancar

Turut hadir, Consul General Of the Philippines Oscar Ocrine, Asistent Secretary Fernando Juan Perez, Asistent Deputy Minister For Regional Netty Muharni, Kabiro Administrasi Perekonomian dan SDA Sulut Frangky Manumpil, SPI, Kadis Disperindag Sulut Ir. Jemy Karow, MSi, General Manager Pelindo IV cabang Bitung Abdul Rahman, Staff Ahli Gubernur. Maurits Mantiri, didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Malton Andalangi menerima langsung kunjungan dari Duta Besar Filipina.

(ebs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *