Tekan Laka Lantas, Polres Minut Gelar Operasi Zebra

oleh

Airmadidi, SulutAktual – Menekan angka kecelakaan lalu lintas di ruas jalan raya Minahasa Utara (Minut) mulai pekan depan Polres akan menggelar operasi Zebra. “Operasi Zebra ini akan dilaksanakan mulai tanggal 16 sampai 29 November. Tujuan agar untuk menertibkan pengendaraan kendaraan bermotor baik roda dua dan empat dan meminimalisir terjadinya laka lantas di jalanan,” ujar Kapolres AKBP Eko Irianto melalui Kasat Lantas AKP Nugrah Hadi Kusuna SIK.

Sasaran Polres dalam operasi Zebra ini selain pelanggaran-pelanggaran kasat mata, kelengkapan dokumen kendaraan bermotor dan kelengkapan dalam berkendara. “Keamanan dalam berkendara seperti kendaraan roda dua itu waib dengan helm, dan dilengkapai dengan dokumen kendaraan termasuk surat izin mengemudi,” jelas Kusumah.

Lanjutnya, model operasi Zebra ini akan dilaksanakan secara hunting (berpindah-pindah dari satu tempat ke lokasi yang lain). Menurut Kusumah dengan operasi yang hanya dilakukan disatu tempat pengendara yang merasa tak lengkap kerap menunggu hingga operasi selesai baru lewat. “Banyak kejadian seperti itu kita dapati sehingga polanya harus dirubah dengan cara berpindah-pindah agar supaya merata dalam penindakan pelanggaran berlalu lintas,” tegasnya.

Baca juga:   Pemuda Teep Talawaan Meregang Nyawa di Jalan Warisa

Ia juga merinci setidaknya hingga akhir Oktober 2016 Sat Lantas Polres Minut mendata ada 133 kasus laka lantas dengan rincian 18 Meninggal dunia, 93 luka berat dan 123 kasus lakal lantas luka ringan, kerugian materil akjbat laka lantas pada Oktober 2016 diperkirakan mencapi Rp850 juta. “Dari 133 kasus laka lantas ini ada empat kasus yang di P21, satu kasus di SP3 dan 119 selesai di luar sidang,” tutur Kusumah.

Kapolres AKBP Eko Irianto SIK, saat pertemuan dengan awak media meminta agar masyarakat ikut membantu aparat kepolisian apabila melihat tindakan yang mengarah ke kriminalitas untuk secepatnya melaporkan ke polisi. “Jika kerjasama antara masyarakat dan polisi sudah terjalin baik lewat saljng memberi informasi maka saya jamin tindak kriminalitas akan turun karena ada kerja sama antara polisi dan masyarakat,” pungkas Irianto.
(Jefran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *