1000 Bibit Mangrove Kembali di Tanam di Pantai Waleo II Kema

oleh

Kema, SulutAktual – Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Minahasa Utara (Minut) Tineke Ratung, turun langsung bersama pemilik lahan Berty Rumagit yang berlokasi di pantai Kina’udan Sermela Desa Waleo II Kecamatan Kema, serta pemerintah setempat dan Polsek Kema.

Penanaman kembali 1000 pohon tersebut berdasarkan Peraturan Kementrian Lingkungan Hidup Nomor 13 tahun 2011 tentang pengrusakan lingkungan hidup.

Hal tersebut juga dilakukan karena tuntutan warga dan pemerintah setempat, karena ada sekira 4 pohon mangrove yang dirusak.

Kaban BPLH Tineke Rarung mengatakan, pihaknya turun langsung menanam mangrove untuk memastikan apakah ini sudah sesuai aturan atau tidak. “Yang merusak harus mengganti, walaupun tidak disengaja. Tetapi ini benar-benar sudah menanam dan berlipat-lipat yang ditanam. Tetapi intinya bukan hanya menanam, tetapi bagaimana memeliharanya,” ungkap Rarung sambil berharap mangrove ini terus dijaga dan pelihara.

Terpisah, Berty Rumagit pemilik lahan mengaku melakukan hal ini bukan hanya karena aturan, tetapi memang pihaknya benar-benar ingin menjaga bahkan mengembangkan mangrove dan berusaha tempat ini menjadi objek wisata.

Baca juga:   Tim Khusus Giat Donor Darah Minut Dilantik

“Nanti saja lihat hasilnya, dan kami tidak akan merusak alam sekitar, tetapi ingin mengembangkannya agar menjadi tempat yang menarik wisatawan,” tutupnya.
(Alfian Posumah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *