Usai Dilantik, 5 Kumtua Kema Langsung Sertijab

oleh
Pelantikan 53 Kumtua Minut

KEMA, SULUTAKTUAL – Usai dilantik, lima hukum tua (kumtua) Kamis, (19/5) melakukan serah terima jabatan yang dipimpin Camat Kema Jack Paruntu SE. Menariknya, dalam acara sertijab, diserahkan aset-aset desa baik yang bergerak maupun tidak bergerak. Ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan stempel desa.

Kelima desa yang diserahterimakan tersebut masing-masing Tountalete Rok-Rok, Waleo, Waleo I, Lilang dan Makalisung. Jabatan diserahterimakan dari penjabat hukum tua ke hukum tua terpilih.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Sammy Rompis SAP MSi yang turut hadir mengatakan. Mengapresiasi kerja panitia yang telah sukses melaksanakan pilhut di lima desa ini. “Sertijab ini adalah bagian dari kerja panitia yang tidak mengenal lelah, dan tentunya pemerintah kabupaten sangat berterima kasih karena telah mensukseskan pilhut ini” ujar Rompis.

Lebih jauh dikatakan, yang memakai garuda itu hanya kumtua, lurah, bupati, walikota dan gubernur, tapi disisi lain Garuda ini mengandung tugas dan tanggungjawab yang berat. Mengenai dana desa yang cukup banyak harus dikelola dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada , sesuai dengan perdes APBDes,karena dandes ini diawasi oleh instansi terkait seperti Inspektorat, Kejaksaan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga:   Dekab Tanah Datar Belajar Di Tanah Tonsea

“Kepada penjabat hukum tua saya sampaikan terima kasih atas karya pembangunan yang telah ditunjukan selama ini” ujar Rompis. Terpisah di tempat yang sama Camat Kema, Jack Paruntu SE mengatakan sangat bersyukur karena pilhut telah dilaksanakan dengan baik meskipun ada riak-riak yang terjadi saat tahapan sedang berjalan.

“Meskipun menurut rencana akan digelar di 6 desa, baru 5 desa yang terlaksana. Namun saat ada perintah dan petunjuk dari atasan, akan kami laksanakan sesuai Hal ini diakui sebagai dinamika dalam melaksanakan pemerintahan, dengan aturan,” terang Paruntu yang juga berterima kasih kepada kelima penjabat hukum tua yang sudah bertugas selama ini terutama dalam proses pemilihan kumtua. Hadir dalam serah terima jabatan ini unsur pimpinan di Kecamatan, Kapolsek Kema, Danramil Kauditan , anggota BPD, perangkat desa dan para undangan lainnya.(*/agl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *