1,4 T Waduk Kuwil Bakal Dibangun Tahun Ini

oleh
VAP-JO Terima kunjungan staf khusus Kementrian PU Bidang SDA Lucky Korah

AIRMADIDI, SULUTAKTUAL – Dibandrol 1,4 Triliun dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016, untuk pembangunan waduk di Desa Kuwil, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), bakal di mulai pembangunannya.
Hal tersebut dikatakan, Staf Khusus Kementerian Pekerjaan Umum Dirjen SDA Lucky Korah, Kamis (19/5) kemarin. “Saat ini anggaran sebesar Rp1,4 Triliun untuk pembangunan Waduk Kuwil sudah turun. Anggaran ini multiyear selama 4 tahun. Untuk pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini,” katanya, usai pertemuan di ruangan dinas Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan.
Lanjut Korah, ini perlu ada pengawalan khusus dari bupati, sebab beliau yang punya wilayah. “Kami telah menyampaikan kepada bupati langkah-langkah yang harus diambil, karena beliau juga baru dilantik. Tapi ternyata, beliau sudah banyak tahu tentang isi perutnya pembangunan itu,” katanya.
Dia menambahkan, memang masalah tanah masih berlanjut, tapi masyarakat sampai saat ini proaktif mendukung program pemerintah. “Saat ini tinggal melanjutkan pembebasan tanah, tapi sudah tidak ada masalah lagi,” tukas mantan penjabat Gubernur Sulut itu.
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan mengungkapkan, sangat bersyukur pembangunan waduk Kuwil akan dimulai tahun ini. “Ini salah satu mega proyek yang akan dibangun di Minut, ini dilaksanakan secepatnya agar kejadian banjir ditahun-tahun sebelumnya diharapkan tidak akan terjadi,” katanya.
Ditambahkan VAP sapaan akrab Panambunan, selain pembangunan waduk, di Minut masih banyak lagi bantuan dari APBN untuk membuat Minut lebih maju dan masyarakat semakin sejahtera.(rik/agl)

Baca juga:   Tunaikan Puasa Ke-19, Pemkab Safari Ramadhan di Munte

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *