VAP – JO Siap Sinkronkan Program Daerah Dengan Pusat

oleh
Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wabub Ir Jopii Lengkong

JAKARTA, SULUT AKTUAL – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi), menggelar rapat kerja pemerintah dengan kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 di istana negara Jumat (8/4).

Presiden Djoko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla foto bersama Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Ir Jopii Lengkong di Istana Negara
Presiden Djoko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla foto bersama Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Ir Jopii Lengkong di Istana Negara

Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan dan Wabup Ir Joppi Lengkong (VAP-JO) juga turut hadir dalam rapat tersebut.

Informasi yang dirangkum koran ini, rapat digelar sekitar pukul 09.00 Wita hingga 11.30 Wita. Bupati Panambunan ketika ditemui usai rapat mengatakan secara keseluruhan Presiden ingin mensinkronkan program pemerintah pusat dengan di tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

Memasuki istana Kepresidenan didampingi Kabag Humas Sem Tirajoh
Memasuki istana Kepresidenan didampingi Kabag Humas Sem Tirajoh

“Salah satunya soal pemberian izin kepada investor. Pak Presiden ingin agar pemberian izin bisa dipermudah namun harus memenuhi syarat. Dengan demikian diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi supaya kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Pesan lain yang tak kalah penting yaitu pemanfaatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Wabup Ir Joppi Lengkong menambahkan, kepala daerah diingatkan agar penggunaan APBD lebih efisien tidak hanya money follow function (uang mengikuti fungsi) tetapi juga money follow program (uang mengikuti program).

Baca juga:   Desa Koltem Minut Bakal Punya Mobil Sampah

“Semua satuan perangkat daerah (SKPD) memiliki fungsi, tapi harus ada skala prioritas. Nah, program apa yang paling prioritas? Contoh di Minut agribisnis industri dan pariwisata.
Disentil juga soal belanja modal, jangan hanya belanja rapat, perjalanan dan sebagainya. Lebih baik beli mobil sampah, ambulans sehingga bisa dirasa masyarakat. Dengan program yang tepat diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga masyarakat lebih merasakan kehadiran pemerintah,” timpal Wabup Ir Joppi Lengkong.

Selain VAP-Jo, tampak hadir Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw, Walikota Bitung Max Lomban, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri, Walikota Tomohon Jimmy Eman, Wakil Walikota Tomohon Syerly Sompotan, Bupati Minsel Tetty Paruntu dan Wabup Minsel Frangky Wongkar.(adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *