Seriusi Dana Bencana, VAP Sambangi BNPB RI

oleh

AIRMADIDI, SULUTAKTUAL – Keseriusan pemerintahan kabupaten (pemkab) Minahasa Utara (Minut) dalam membangun tanah Tonsea terus diwujudkan.

Salah satunya, dalam sektor rehabilitasi daerah bencana, tak tanggung-tanggung Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP), melakukan lobby di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Selasa (5/4) kemarin dan bertemu langsung Direktur Tanggap Darurat BNPB RI Junjungan Tambunan.

Pertemuan tersebut guna memfasilitasi Minut bisa kebagian dana tanggap darurat, bantuan rehabilitasi dan rekonsiliasi, serta bantuan sosial ekonomi warga, dimana dana total  keseluruhannya berjumlah Rp 195 miliar.

VAP dalam melakukan pertemuan tersebut ikut didampingi Kepala BPBD Minut dr Rosa Tidayoh dan Kadis PU Stevenson Koloay.

Sekretaris BPBD Minut Petrus Macarau mengatakan,  kunjungan Ibu Bupati guna melakukan lobby agar Minut bisa mendapatkan bantuan dana dari BNPB.

Dana tersebut jika disetujui jumlahnya bisa mencapai Rp 195 miliar, yang dibagi untuk dana tanggap darurat mencapai Rp 110 miliar dan dana rehabilitasi-rekonsiliasi serta sosial ekonomi mencapai Rp 85 miliar.

Baca juga:   Bansos Pemkab Minut Disalurkan di Kecamatan Kalawat. Ikan Roa jadi Pelengkap Bansos

“Sebelumnya juga proposal untuk mendapatkan dana ini sudah dikirim, dan kami berharap lobby yang dilakukan Bupati dapat membuahkan hasil, bantuan bisa disetujui,” jelas Macarau, kemarin.

Dia menambahkan, jika melihat secara geografis, wilayah Minut memang membutuhkan dana tersebut, karena sejumlah daerah pasca bencana membutuhkan pembangunan, dan juga sebagai langkah antisipatif di lokasi rawan bencana.

“Tentunya kunjungan yang dilakukan bupati semata-mata demi membantu warga Minut, apalagi warga di daerah rawan bencana, sehingga bisa tersentuh pembangunan,” kuncinya.(rik/agl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.