Anggaran Pilhut Serentak Mulai Dicairkan

oleh -257 Dilihat
Robby Parengkuan Kepala BPKBMD

AIRMADIDI, SULUT AKTUAL – Anggaran pelaksanaan Pemilihan hukum tua (pilhut) di 53 Desa se-Minahasa Utara (Minut), belum tuntas. Pasalnya, sampai saat ini masih ada desa yang dananya belum dicairkan.

Hal tersebut terungkap saat rapat pematangan persiapan pilhut 3 Mei nanti. Hal serupa juga dipertanyakan masyarakat kepulauan kepada Bupati Vonnie Anneke Panambunan saat berkunjung di wilayah kepulauan.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Robby Parengkuan mengakui sampai saat ini, baru 33 desa yang dana operasional Pilhut dicairkan.

“Kami upayakan Senin nanti 53 desa sudah dicairkan seluruhnya. Kami harapkan dana ini masuk ke rekening desa, bukan ke rekaning Sekdes atau rekening pribadi,” tutur Parengkuan.

Lanjutnya untuk dana honor panitia juga kemungkinan Senin sudah dicarikan seluruhnya. “Kami komitmen semua anggaran untuk Pilhut dicairkan Senin,” tukasnya.

Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sammy Rompis juga menambahkan untuk kertas suara sudah disalurkan, tinggal kotak suara yang akan didistribusikan H -1.

“Senin silahkan panitia mengambil alat tulis kantor (ATK),” katanya. Sedangkan untuk honor panitia desa menurut Rompis saat ini baru sekitar Rp 400 juta yang dicarikan. Sisahnya Rp 20 juta yaitu untuk desa yang dekat-dekat akan dicairkan Senin.

Selain itu, kapolres Minut AKBP Eko Irianto SIK melalui Kabag Ops kompol Eko Akwan mengingatkan bagi para panitia pemilihan hukum tua (Pilhut) untuk bekerja sesuai aturan. Namun begitu jika memang ada gangguan Polres Minut tak segan-segan menindaknya.

Kabag Ops mengajak agar panitia dan masyarakat sama-sama mensukseskan dan mengamankan pesta demokrasi pemilihan hukum tua. “Mari sama-sama mensukseskan dan mengamankan pesta demokrasi. Untuk panitia mari kita bekerja sesuai mekanisme dan aturan. Kalau menyimpang pasti jadi pemicu gangguan,” tegas Akwan, Jumat (29/04) saat rapat pengecekan kesiapan Pilhut.

Kabag Ops menghimbau kalau ada informasi-informasi ada yang bisa mengganggu Pilhut silahkan hubungi anggota polisi. “Polres tidak main-main mengamankan Pilhut ini. Tentunya kalau ada gangguan kami tak segan-segan bertindak tentunya sesuai standar operasional prosedur (SOP),” tegas Akwan.

Sementara itu Danramil Airmadidi Mayor Achmad Janis behrap agar Pilhut yang sudah dipersiapkan ini dapat sukses dilaksanakan. “Kalau panitia sudah siap, kami pun siap mem-back up. Untuk Minut ada empat Koramil wilayah dari Kodim Bitung dan satu Koramil wilayah Kodim Manado,” tegasnya.

Menurut Janis pelaksanaan Pilhut ini jadi dasar, untuk Pilhut berikutnya. “Kalau ini bagus tentunya berikutnya akan diperbaiki lagi. Waktu pelaksanaan jangan sampai molor. Sebelum gelap harus sudah selesai,” tutup Danramil.(rik/agl)

No More Posts Available.

No more pages to load.