Bahas Kesiapan Tahap Pungut Suara, Polres, KPU, Bawaslu, Sat Pol PP, dan Para Camat, Gelar Rakor

oleh

 

MINSEL – Polres Minahasa Selatan mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka kesiapan menghadapi tahapan inti, Pemungutan Suara, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020; Gubernur / Wakil Gubernur Sulut dan Bupati / Wakil Bupati Minsel.

Rakor dilaksanakan di Gedung Aula Polres Minsel, Rabu siang (02/12/2020), dihadiri oleh Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK; komisioner KPU dan Bawaslu Minsel, Kasat Pol PP, para Camat se Kabupaten Minsel serta Kapolsek jajaran Polres Minsel.

Dalam sambutannya, Kapolres Minsel mengungkapkan bahwa Rakor ini dilaksanakan guna memaparkan kondisi kesiapan menghadapi tahap Pemungutan Suara Pilkada pada tanggal 9 Desember nanti.

IMG-20201203-WA0011“Rakor lintas sektoral ini diadakan sebagai sarana komunikasi, koordinasi, bertukar informasi, terkait kesiapan menghadapi tahapan Pemungutan Suara, tanggal 9 Desember nanti; meliputi kuat personel yang dilibatkan maupun mekanisme pelaksanaan dan pengamanan di TPS nanti,” ungkap Kapolres.

Dijelaskan Kapolres bahwa jajarannya telah mengkondisikan perkuatan personel pengamanan (Pam) TPS, maupun kelengkapan administrasi operasi. “Total ada 513 TPS yang akan dijaga oleh personel kami, dengan dibantu dari unsur Linmas. Pada kesempatan ini, khusus untuk perkuatan Linmas, agar para Camat dapat segera mengkondisikan data yang lengkap, aktual dan akurat,” ungkap Kapolres.

Baca juga:   Maju Sebagai Balon Wabup Minsel, MFP Daftarkan Diri di Sekretariat Nasdem

Sementara itu, dari pihak KPU maupun Bawaslu Minsel menyatakan bahwa telah siap dalam penyelenggaraan Pesta Demokrasi, Pilkada Serentak tahun 2020; yang kali ini memang lain dari biasanya karena mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan.

IMG-20201203-WA0002Terkait penerapan Protokol Kesehatan, Kapolres Minsel mengimbau seluruh pihak baik penyelenggara Pilkada dan para Camat agar gencar mensosialisasikannya kepada masyarakat, khususnya wajib pilih.

“Yang perlu kita atensi bersama yaitu penerapan disiplin Protokol Kesehatan saat penyelenggaraan Pemungutan Suara nanti di TPS. Jangan sampai ada kerumunan massa, tidak memperhatikan jarak antar orang per orang. Penggunaan masker, cairan hand sanitizer agar disiapkan betul. Kita sama-sama beesinergi dan bertanggungjawab dalam pelaksanaannya nanti,” ungkap Kapolres.

Rakor Lintas Sektoral, dirangkaikan dengan dialog terbuka antara Penyelenggara Pilkada yakni KPU, Bawaslu dengan para Camat, Sat Pol PP dan pihak Polres Minsel, terkait pemantapan kesiapan penyelenggaraan dan pengamanan Tahapan Pemungutan Suara pada tanggal 9 Desember nanti.

Baca juga:   Cegah Tindak Kriminal, Kapolsek Tareran Gelar Sosialisasi Di Dua Wilayah Kecamatan

Kegiatan Rakor berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) jam dan berjalan lancar, tertib, kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

( Andy Runtunuwu )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *