Gaghana Irup HUT ke-55 Provinsi Sulut

oleh
Bupati Jabes E Gaghana SE ME ketika menjadi Irup HUT Provinsi Sulut Ke-55 di Lapangan Papanuhung Santiago Tampungang Lawo.

TAHUNA– Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka peringatan HUT Provinsi Sulut ke-55 tahun yang digelar Senin (23/9/2019) di Lapangan Papanuhung Santiago Tampungang Lawo.

Gaghana ketika membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan hari ini Provinsi Sulawesi Utara genap berusia 55 tahun, tentunya disamping rasa syukur patut dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita diharuskan mampu memaknai peringatan hari ulang tahun sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu, dan apa yang telah kita upayakan dalam melanjutkan perjuangan para pendahulu, untuk membawa daerah ini semakin maju, semakin berkembang dan semakin Sejahtera,” kata Gaghana.

Lebih lanjut dalam sambutan tersebut, menyatakan semoga di usia 55 tahun Provinsi menjadi harapan juga dalam momentum bersejarah ini seluruh masyarakat Sulawesi Utara dari Miangas sampai Pinogaluman, akan menyatakan tekad sikap dan komitmen untuk tidak berhenti mendukung arah pembangunan pemerintah pusat.

Baca juga:   Hontong Lantik 2 Penjabat Kapitalaung dan 4 MTK

“Khususnya dalam membangun dan menjadi sumber daya manusia unggul, untuk memberikan kontribusi bagi terwujudnya Indonesia maju. Berkat persatuan dan kebersamaan yang kuat kita mampu merajut tantangan-tantangan pembangunan menjadi peluang bahkan kekuatan Sulawesi Utara dalam menghadapi era persaingan global,” ungkap Gaghana kembali.

Dia menjelaskan, Sulut berhasil mewujudkan sejumlah program pembangunan yang progresnya bisa dilihat dari capaian makro pembangunan daerah Sulawesi Utara, antara lain indeks pembangunan manusia yang terus meningkat dalam 3 tahun terakhir dari angka 71,05 tahun 2016 menjadi 71,66 pada tahun 2017 dan mencapai 72,2 tahun 2018.

“Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang selalu berada pada angka di atas 6% atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5%. Inflasi daerah yang semakin terkendali dimana dengan kemampuan kita menekan inflasi sehingga berada pada angka 3,83%, di tahun 2018 telah menjadikan Sulawesi utara ditetapkan sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia dalam hal pengendalian inflasi daerah diproyeksikan inflasi daerah pada tahun 2019 akan berada pada angka 3,60%,” jelasnya.

Baca juga:   Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan, Gaghana Serahkan Langsung Ke Ahli Waris

Rasio masyarakat Sulawesi Utara yang selalu berada di level 0,3 persentase Penduduk miskin Sulawesi Utara yang selalu berada di bawah rata-rata Angka kemiskinan nasional, tercatat Angka kemiskinan Sulawesi Utara pada tahun 2018 sebesar 7,66%, dimana angka ini masih menjadikan Sulawesi Utara sebagai daerah angka persentase Penduduk miskin terendah di wilayah provinsi Sulawesi.

“Angka pengangguran Sulawesi Utara yang berada pada Agustus 2018 sebesar 6,86% guru 0,32%, dalam setahun terakhir di luar pembangunan daerah ini, masih ada begitu banyak kesuksesan dan keberhasilan lainnya yang kita raih dan uraikan,” ungkap Gaghana.

Dalam kurun waktu setahun terakhir ini kata dia, telah menyelenggarakan pemilihan umum presiden wakil presiden, serta anggota legislatif 17 April 2019 hingga berjalan dengan aman lancar.

“Kerjakan bersama berbagai capaian keberhasilan dan kesuksesan, jadikan motivasi untuk kedepannya terus berbuat dan berkarya baik bagi kemajuan daerah tercinta, dan setiap kegagalan, kekurangan dan keberhasilan harus menjadi pembelajaran untuk perbaikan dan penyempurnaan di tahun-tahun ke depan,” tutup Gaghana dalam sambutan tersebut sambilĀ  mengajak kita sekalian untuk terus bekerja bersama menerapkan budaya, demi keberhasilan pembangunan dan pencapaian visi Pembangunan Daerah serta kontribusi terhadap visi pembangunan di kancah nasional.

Baca juga:   SBW Kalama Terjual Rp7,375 Juta/Kg

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *